Vaksinasi Lansia

Kastara.ID, Jakarta – Sejak 20 Februari hingga 2 Maret 2021 pagi, tercatat sudah 528 lebih warga lanjut usia yang sudah diberi vaksin COVID-19 di RS Adhyaksa, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Direktur RS Adhyaksa, Diah Eko Judihartanti, pelayanan vaksin di rumah sakit ini digelar tiga kali dalam sepekan, yaitu tiap Senin, Selasa, dan Kamis. Setiap pelaksanaan rata-rata pihaknya melayani 150 Lansia.

Warga Lansia yang divaksin, jelas Diah, sudah daftar terlebih dahulu secara online dan mendapat konfirmasi waktu serta tempat pelaksanaannya.

“Kami menurunkan 20 petugas medis untuk melayani vaksinasi COVID-19 untuk Lansia ini,” ujarnya, Selasa (2/3).

Diah menambahkan, 20 tim medis yang bertugas melayani vaksin ini dibagi dalam empat meja. Yakni untuk pendaftaran, skrining, vaksinasi, dan obserbasi.

“Kami tetap terapkan protokol kesehatan dalam pelayanan vaksinasi COVID ini,” tukasnya.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar didampingi Kasudin Kesehatan Indra Setiawan dan Wakil Camat Cipayung Wawa Kartiiwa, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dinamis COVID 19 bagi Lansia di rumah sakit ini, Selasa (2/3) siang.

Anwar mengatakan, pihak rumah sakit sudah menjalankan aturan protokol kesehatan dengan baik dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi Lansia.

Dia juga mengapresasi pihak rumah sakit membatasi jumlah warga Lansia yang ingin divaksin guna mengantisipasi terjadinya kerumunan orang.

“Kalau tidak dibatasi bisa terjadi kerumunan orang dan ini tentunya rentan. Jangan sampai niat yang baik ini malah dapat menimbulkan penyakit bagi para Lansia yang datang jika terlalu banyak. Makanya perlu antisipasinya,” papar Anwar.

Anwar juga berpesan agar Lansia yang telah divaksin tetap perilaku hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya.

“Diharapkan pada vaksinasi ini, masyarakat semakin sadar bahwa COVID-19 memang ada dan mengancam kita jika melanggar protokol kesehatan,” tandas Anwar. (hop)