Dudi

Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus mengembangkan kemampuan para relawannya. Salah satunya melalui pelatihan vertical rescue.

“Selama ini kami selalu fokus melakukan pelatihan water rescue. Nah, tahun ini akan kita bekali mereka pelatihan vertical rescue, bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Dinas) dan Penyelamatan,” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz, di ruang kerjanya, Selasa (2/3).

Dikatakannya, kemampuan ini biasanya hanya dikuasai oleh personel Damkar. Untuk itu, pihaknya ingin relawan PMI bisa mandiri dan mengasah kemampuan di bidang vertical rescue.

“Kami rasa skill ini juga harus dimiliki relawan PMI. Misalnya untuk mengevakuasi orang yang ingin bunuh diri dari lantai 20 ataupun penyelamatan lainnya di atas gedung bertingkat,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Damkar Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, pihaknya kerap melakukan kolaborasi dalam setiap kegiatan dengan PMI, termasuk melalui pelatihan vertical rescue yang akan digelar nanti.

“Kami saling membutuhkan. Ketika ada kegiatan kebakaran, kami turun bersama. Damkar melakukan pemadaman, PMI melakukan penanganan jika ada korban jiwa. Mudah-mudahan ilmu yang dibagikan nantinya, bisa bermanfaat dan bisa membantu sesama,” tutupnya. (lan)