Transjakarta

Kastara.ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berhasil meraih Best BUMD Awards 2021 on Leading Digital Innovation Programs to Integrate Transportation System at DKI Jakarta, Java Island Category Transportation.

Direktur Eksekutif Transformasi Digital PT Transjakarta, Gidionton Saritua mengatakan, penghargaan dari majalah Warta Ekonomi ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI beserta jajaran dan semua insan Tije yang menjadikan Transjakarta sebagai moda transportasi kebanggan masyarakat sampai saat ini.

“Penghargaan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi atas kerja keras semua pihak yang terlibat dalam menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat di sektor transportasi khususnya, peningkatan kapabilitas platform digital yang saat ini dinikmati oleh pelanggan Transjakarta,” ujarnya, Jumat (5/3).

Gidion menjelaskan, Transjakarta akan terus berupaya dan konsisten dalam menciptakan layanan transportasi yang terintegrasi dan berkelanjutan menuju intelegent transport company, tidak hanya secara fisik tapi juga sistem digital pembayaran dan konektivitas kepada pihak yang bekerja sama dengan Transjakarta melalui penggunakan teknologi seperti API Management.

Ia menambahkan, saat ini Transjakarta telah menerapkan platform digital TIJE yang memberikan layanan pembelian tiket digital, lacak bus secara real time, lacak rute, dan juga Wi-fi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota di semua halte Transjakarta.

“Inovasi ini masih akan terus berlanjut untuk mencapai Layanan Transjakarta yang modern, nyaman dan aman,” terang Gidion.

Menurutnya, PT Transjakarta bersama BUMD yang bergerak di bidang transportasi lainnya seperti PT Mass Rapid Transit Jakarta dan PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta tengah berkolaborasi dalam payung PT Jaklingko Indonesia.

Melalui kolaborasi ini semua layanan transportasi ke depannya diharapkan bisa terintegrasi secara keseluruhan, sehingga memudahkan masyarakat saat berpindah dari satu moda ke moda lain dan Transjakarta dalam posisi siap dari sistem dan teknologi digital yang dibutuhkan di era yang sangat digital saat ini.

“Penghargaan ini tentunya menjadi motivasi bagi kami dan tim untuk terus meningkatkan layanan serta memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi ke depannya. Kita ingin menciptakan nilai-nilai baru melalui transformasi perusahaan dan transformasi digital,” tandasnya.

Untuk diketahui, penghargaan ini dilakukan menggunakan analisis media monitoring melalui content analysis dengan melihat berbagai sentimen positif yang muncul di media mainstream dan media sosial yang ada, khususnya mulai bulan Agustus sampai Desember 2020. Adapun indikator penilaian yang digunakan untuk penghargaan ini adalah publikasi, inovasi, dan layanan masyarakat. (hop)