Abbey Road

Oleh: Jaya Suprana

PERUSAHAAN rekaman DECCA pernah menolak sebuah kelompok musik anak muda dari Inggris, dengan alasan musik mereka “kuno, ketinggalan zaman, membosankan, tidak istimewa, tidak komersial“. Ternyata grup yang ditolak itu kemudian menjadi kelompok musik paling sukses dalam sejarah industri musik, dengan lebih dari satu miliar rekaman terjual. Salah satu lagu mereka merupakan salah satu lagu yang paling banyak direkam dalam sejarah musik populer, dengan lebih dari 2000 versi. Lagu itu adalah Yesterday dan kelompok pemusik muda itu adalah The Beatles .

Beethoven & Brahms
Setelah dihitung, ternyata panjang simfoni ini tidak kurang dari satu jam dan lima menit; suatu periode yang sungguh mengerikan, yang menguji otot-otot dan paru-paru para musisi dan kesabaran publik secara kejam” demikian tulisan kritikus musik The Harmonicon, April 1825 mengenai pergelaran Simfoni ke IX (dengan tema bagian akhir yang makin populer di tahun 70an abad XX lewat lagu pop Song of Joy) yang kini telah diyakini sebagai musik-abadi mahakarya Ludwig van Beethoven paling akbar.

Dalam The World edisi 21 Juni 1893, George Bernard Shaw menulis: “Bagi saya, komponis ini tidak lebih dari orang sinting yang sentimental. Dia merupakan komponis yang paling tidak tahu diri. Hanya saja tidak berbahaya karena sekadar mirip bayi besar saja. Secara menggelikan dia berusaha menyamar diri sebagai Haendel atau Beethoven dengan membuat bunyi-bunyian berkepanjangan tanpa makna!” Setelah menonton sebuah pergelaran konser mahakarya Johannes Brahms yang kini sudah dinobatkan menjadi superstar komponis era Romantik. Maklum orang Inggris memang benci Jerman meski Georg Friedrich Haendel adalah orang Jerman.

Amerika Serikat
Masyarakat didukung pers Amerika Serikat sempat mencemooh seorang presiden Amerika Serikat sebagai pemimpin yang tidak memiliki kemampuan memimpin akibat sama sekali tidak mengenal kebudayaan Amerika Serikat yang sangat bermakna bagi ekonomi nasional Amerika Serikat maka berpikiran terlalu muluk-muluk yang sama sekali tidak sesuai dengan kenyataan sehingga terbukti berulang kali gagal dalam perjalanan politik dirinya sendiri akibat tidak selaras dengan pemikiran mayoritas warga Amerika Serikat.

Pendek kata presiden Amerika Serikat ini benar-benar dianggap sebagai blunder mereka yang memilih dia menjadi presiden karena kemudian terbukti sama sekali tidak becus memimpin negara, bangsa dan rakyat Indonesia sehingga menjadi biang keladi pecahnya Perang Saudara yang menyebabkan pertumpahan darah paling dahsyat dalam sejarah Amerika Serikat, Mujur tak bisa diraih, malang tak bisa ditolak akhirnya Presiden Amerika Serikat ini terbunuh seperti Mahatma Gandhi dan John F. Kennedy.

Presiden Amerika Serikat paling parah dihajar kritik oleh kaum pro perbudakan adalah Abraham Lincoln yang kini dianggap sebagai presiden terbaik Amerika Serikat terabadikan di monumen Lincoln Memorial di Ibukota Amerika Serikat. Meski sampai sekarang Lincoln masih dibenci masyarakat Amerika Serikat pro mashab White Supremacist.

Bukti
Apa yang dialami oleh The Beatles, Beethoven, Brahms, Lincoln, Gandhi, Kennedy, dan lain-lain tokoh dunia membuktikan bahwa pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna maka tidak ada pula manusia yang kebal kritik. Siddharta Gautama dikritik mengajarkan ajaran sesat.

Ayatollah Khomeini terpaksa harus mengungsi ke Paris sama halnya Nelson Mandela dijebloskan ke dalam penjara atas tuduhan makar. Bung Karno dan Bung Hatta sempat dibuang ke tanah pembuangan akibat mengkritik penjajah. Terkisahkan di dalam Kitab Injil bahwa Jesus Kristus bukan hanya dikritik namun malah kemudian difitnah lalu dijebloskan ke dalam penjara untuk disiksa sebelum diadili lalu divonis hukuman mati di tiang salib. Maka menurut pendapat subyektif diri pribadi saya sendiri seyoganya jangan ada warga Indonesia yang dilaporkan ke polisi kemudian dijebloskan ke rumah tahanan hanya karena mengkritik kebijakan pemerintah. Mohon dimaafkan jika saya keliru sebab terus terang saya takut dilaporkan ke polisi apalagi jika harus meringkuk di dalam penjara. Mohon kekeliruan saya dapat diampuni. Terima Kasih. (*)

* Pembelajar Kebudayaan dan Peradaban.