PAM Jaya

Kastara.ID, Jakarta – PAM Jaya telah merampungkan pembangunan jaringan perpipaan sistem penyediaan air minum (SPAM) Hutan Kota, Jakarta Utara pada Desember 2020.

Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, hingga Desember 2020, pipanisasi SPAM Hutan Kota telah rampung dipasang pipa transmisi dan distribusi sepanjang 116 kilometer.

“Untuk proyeksi tahun ini akan dilakukan pemasangan pipa reinforcement atau penguat dan pipa sambungan baru SPAM Hutan Kota,” ujar Hernowo, Rabu (6/1).

Selain itu, sambung Priyatno, pihaknya juga telah melayani warga di Kabupaten Kepulauan Seribu dengan menyediakan air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

“Teknologi ini adalah unit sistem desalinasi untuk mengubah air laut menjadi air tawar,” katanya.

Hingga kini, setidaknya sudah ada lima pulau berpenghuni yang kebutuhan air bersihnya dipasok PAM Jaya menggunakan teknologi SWRO. Rencananya, tahun ini PAM Jaya bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan melakukan serah terima teknologi tersebut.

“Tahun ini akan dilakukan serah terima pengelolaan tiga SWRO di Pulau Tidung, Pulau Lancang, dan Pulau Kelapa-Harapan,” tandasnya. (hop)