Hari Pahlawan

Kastara.id, Jakarta – Dalam rangka menekankan pentingnya semangat nasionalisme di hari pahlawan kepada kalangan pencinta roda dua, komunitas Royal Riders Indonesia (RORI) menggelar ekspedisi bertajuk ‘Ride for Heroes’. Ekspedisi ini untuk menelusuri dan mendokumentasikan beberapa situs historis perjuangan bangsa Indonesia serta berupaya memberikan informasi kepada masyarakat pencinta kendaraan roda dua akan semangat para pahlawan.

Ekspedisi ini diikuti oleh lebih dari 20 anggota RORI serta ditemani oleh beberapa rider dari komunitas roda dua lainnya seperti Bikers Brotherhood Jakarta Chapter dan Seafarer Comrades Motorcycle Club.

Perjalanan akan dimulai dari Jakarta, Selasa 7 November 2017, dengan menelusuri pantai selatan Pulau Jawa dengan mendokumentasikan beberapa situs bersejarah seperti museum PETA di Bogor, Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, museum Sasmitaloka, markas gerilya Jendral Sudirman di desa Soho, dan berakhir di Tugu Pahlawan Surabaya.

Heroes Santos, kordinator navigasi dan riset sejarah RORI, kepada pers di Synthesis Residance Kemang, Jakarta (5/11) mengatakan, setiap etapenya ekspedisi ini dirancang agar para peserta ekspedisi dapat mempelajari secara detail kisah perjuangan para pahlawan. “Kami juga berupaya membersihkan makam para pahlawan serta situs bersejarah tersebut sebagai bakti kami kepada para pejuang yang telah berkontribusi tenaga, intelektual, bahkan nyawa untuk bangsa ini,” katanya.

Semua kegiatan dari ekspedisi ini nantinya akan dibuat film dokumenter pendek dengan tajuk yang sama. Ekspedisi ini juga tidak lepas dari peran para mitra ekspedisi seperti PT Distributor Motor Indonesia (DMI), Royal Einfield Principal, Mania Apparel, Muscle Fit, Synthesis Residance Kemang, Naikmotor.com, Uzone, Gaspol, dan juga media. (koes)