Takaran SMK Swasta Depok

Kastara.id, Depok – Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Depok menggelar Konsultasi dan Lokakarya Nasional (Takaran) SMK Swasta 2018, yang berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Rabu (7/3), dan dihadiri Wali Kota Depok Mohammad Idris. Mengusung tema ”Meningkatkan Kualitas dan Integritas, Memperkuat Sinergitas Jejaring (Improving Quality & Integrity, Strengthening Synergy of the Network)”, Takaran akan berlangsung selama dua hari hingga 8 Maret 2018.

Ketua BMPS Kota Depok Acep Al Azhari menyampaikan latar belakang Takaran terkait ada anggapan bahwa jumlah sekolah swasta yang berkualitas masih relatif sedikit. “Pemerintah mengatakan bahwa pengangguran lulusan SMK cukup tinggi. Untuk itu BMPS menggelar kegiatan ini untuk mengantisipasi hal tersebut,” jelas Acep.

Sementara Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Takaran SMK 2018. “Terima kasih atas dipercayanya Kota Depok sebagai tempat diselenggarakannya acara ini. Semoga apa yang menjadi maksud dan tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai sesuai harapan bersama,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Depok menambahkan, Kota Depok yang berbatasan dengan tiga provinsi yakni Jawa Barat, DKI, dan Banten, mengalami pertambahan penduduk yang cukup signifikan. “Saat ini jumlah penduduk Kota Depok 2,1 juta jiwa. Ini merupakan potensi dan juga tantangan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, di antaranya masalah pendidikan,” ungkapnya.

Angka lulusan SMK yang menjadi pengangguran juga masih sangat tinggi. Mereka kalah bersaing dengan sarjana yang jumlahnya tak kalah banyak. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran yang berasal dari lulusan SMK per Februari 2017 mencapai 1.383.022 orang.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan kita dapat merumuskan formula terbaik dalam rangka menghadirkan SMK yang berkualitas dengan sarana pendukung yang memadai. Sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang berdaya saing dalam dunia kerja,” pungkas Wali Kota Depok. (rud)

Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID