Ferrari FXX Evo

Kastara.id, Mugello – Ferrari FXX-K Evo merupakan mobil inovatif yang tersedia sangat terbatas karena merupakan paket upgrade dari mobil XX yang ada. Ini menandakan sebuah evolusi signifikan dari program XX yang diluncurkan tahun 2005 bersamaan dengan mobil-mobil yang dikembangkan secara khusus untuk berperan aktif dalam program penelitian dan pengembangan yang dikaitkan untuk inovasi dan performa tanpa kompromi.

Seperti versi Evo dari FXX dan 599 XX, Ferrari FXX-K Evo memiliki kelebihan dari paket yang mengaplikasikan konsep Inovativ dari seluruh katagori balap Ferrari seperti Formula 1, GT3, GTE, dan challenge. Mobil ini dilahirkan dari dunia balap yang mengadopsi konten khusus trek sama seperti mobil mobil XX sebelumnya tidak dihomologasi untuk digunakan di jalan raya dan di luar program khususnya.

Mobil ini merupakan cerminan pendahulunya yang ditujukan untuk sekelompok kecil klien Ferrari terpilih yang ingin berbagi pengembangan konten teknologi yang Inovativ dengan para teknisi kuda jingkrak dengan mengendarai sebuah laboratorium berbentuk mobil tertutup.

Pada tahap pengembangan para desainer mengerjakan beragam aspek berbeda dimulai dengan mengurangi berat keseluruhannya. Hal itu dengan memanfaatkan pengalaman dari Formula 1 serta mengadopsi proses pembuatan komponen serat karbon yang Inovativ, serta dilengkapi paket aero yang berevolusi dan bersinergi dengan desainer dari Ferrari Style Centre guna mendorong performa dari model yang merepresentasikan pencapaian tertinggi dari proses pengembangan khusus trek Ferrari

Aerodinamika FXX-K Evo memberikan angka downforce yang sangat dekat mobil yang bersaing di kejuaraan GT3 dan GTE untuk keuntungan akselerasi lateral dalam menikung dan stabilitas kesenangan berkendara. Koefisien downforce pun meningkat 23% dari versi sebelumnya setara dengan 75% pada tipe mobil jalan raya dari basis yang sama atau sebesar 640 kg dihasilkan pada kecepatan 200 km/jam melebihi 830 kg pada kecepatan ambang batas mobil ini.

Tingkat downforce FXX-K Evo didorong oleh sayap twin-profile di bagian belakang yang dikembangkan untuk bersinergi secara mulus dengan spoiler belakang yang aktif. Generator Cortez membersihkan bidang aliran yang menyerang sayap dari efek bangunnya arus udara panas dari radiator yang mengalir ke kap mesin.

Desain bumper belakang juga dimodifikasi karena ada struktur aliran udara yang baru, ventilasi bypass dari lengkungan roda belakang telah diperbesar melalui pengosongan rongga volume belakang roda untuk memastikan aliran udara tersalurkan dari roda secara efisien. Sementara desain kabin terinspirasi dari balap yang ditandai roda kemudi yang unik secara konseptual sesuai untuk tingkat kinerja sangat hebat.

Pedal penggerak gigi terpadu diwariskan Formula 1 dengan lingkar yang lebih sporti. Kamera video belakang diganti dengan versi yang lebih besar 65″ dengan kemampuan menampilkan data sistem terbaru yang lebih jelas dan mengarah. Ini akan memudahkan pengemudi untuk memeriksa status KERS dan catatan waktu dari berbagai pilihan layar.

Ferarri FXX-K Evo menjadi protagonis yang aktif dalam program XX musim 2018/2019 mencakup 9 balapan di awal bulan Maret hingga Oktober serta ambil bagian di akhir pekan final Mondaili bergengsi yang menandai tiap musim balap. (koes)