PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI)

Kastara.ID, Jakarta – PD PAL Jaya terus mengembangkan sayap bisnisnya. Terbaru, BUMD milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang pengelolaan air limbah ini akan merambah limbah B3 medis bekerja sama dengan salah satu perusahaan BUMN.

Penjabat Sementara (Pjs) Dirut PD PAL Jaya, Hidayat Sigit Suryanto mengungkapkan, dalam waktu yang tidak lama lagi pihaknya akan merealisasikan bisnis tersebut. PD PAL Jaya saat ini telah menyiapkan satu unit mobil khusus pengangkut limbah B3 medis dengan spesifikasi khusus.

“Kami bekerja sama dengan perusahaan BUMN, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI). Spesifikasi truk atau mobil khusus pengangkut limbah B3 medis harus mengikuti standar PPLI salah satunya boks pendingin truk harus -20 derajat celcius,” ujar Sigit, Senin (11/1).

Untuk SDM, sambung Sigit, pihaknya juga telah menyiapkan SDM yang sebelumnya wajib mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikat. Untuk SDM bisa berasal dari PD PAL Jaya atau PT PPLI.

Nantinya, semua limbah B3 medis dari RSUD dan puskesmas milik Pemprov DKI Jakarta akan diangkut oleh PD PAL Jaya. Kemudian untuk pemusnahanya akan diserahkan ke PT PPLI.

“Dalam kerja sama ini kami berupaya agar penanganan limbah B3 medis tertangani dengan baik sampai ke pemusnahannya,” tandas Sigit. (hop)