Yontaifib 1 Mar

Kastara.ID, Jakarta – Tim SAR Gabungan dari Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Yontaifib 1 Mar) dan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) menemukan serpihan bagian pesawat di lokasi Sriwijaya Air SJ-182 jatuh. Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 masih terus berlangsung dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Danyontaifib 1 Mar) Letkol Marinir Mohammad Abdilah, M.Tr.Opsla., bergabung dengan berbagai unsur dan instansi lain di perairan Kepulauan Seribu (10/1).

Serpihan tersebut rencananya akan diserahkan dan dikumpulkan di posko utama yaitu di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Jakarta Utara, Kemudian barang-barang itu diserahkan ke Basarnas untuk diidentifikasi lebih lanjut. Tim Sar gabungan Yontaifib 1 Mar dan Denjaka sudah menemukan 10 serpihan serta masih ada serpihan yang belum terangkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1) sore sekitar pukul 14.40 WIB sekitar 11 Nautical Mile dari tempat take off pertama di Bandara Soetta.

Danyontaifib 1 Mar mengatakan pengesaran pada hari pertama ini, Tim SAR Yontaifib 1 Mar menemukan serpihan badan pesawat dan pakaian anak-anak di kedalaman 15-20 meter. Serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan antara Pulau Laki dan Pulau Lacang, perairan Kepulauan Seribu pada Ahad, 10 Januari 2021.

“Pada pencarian hari pertama ini, kami menurunkan lima Bodypare dengan menggunakan metode Circle, saat ini kami masih berusaha menemukan bagian-bagian pesawat lainnya,” jelas Danyontaifib 1 Marinir. (dha)