TNI AL

Kastara.ID, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan pihaknya sudah berhasil menemukan lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu dari sinyal yang ditangkap tim pencari.

“Saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya sudah diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box terus bisa dipantau,” kata Hadi Tjahjanto yang memantau langsung jalannya pencarian Sriwijaya Air SJ 182 di JICT, Jakarta (10/1).

Saat ini, tim dari TNI AL sudah menandai lokasi sinyal black box yang berisi riwayat terbang pesawat sebelum jatuh tersebut. Sehingga pencarian ke depan lebih mudah dan lebih cepat.

“Sekarang sudah kita beri marking mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama black box kita angkat sehingga sebagai bahan KNKT untuk menelusuri penyebab terjadinya kecelakaan,” tambah dia.

Sebelum menemukan lokasi black box, pasukan TNI AL dari unsur Marinir, Denjaka, Kopaska, dan Taifib juga sudah mengangkat serpihan-serpihan pesawat dari dasar laut. Di antaranya roda dan bodi pesawat, serta nomor kursi penumpang.

“Bagian-bagian yang kecil masih bisa kita ambil, namun bagian-bagian yang besar akan kita datangkan kapal yang memiliki kemampuan untuk mengambil bagian-bagian tersebut,” ucap Hadi. (ant)