Listyo Sigit Prabowo

Kastara.ID, Jakarta – Teka-teki siapa yang bakal diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz semakin memanas. Namun kini perhatian tertuju pada satu nama, yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo. Berbagai pihak yakin Listyo akan menjadi calon tunggal Kapolri.

Keyakinan tersebut diungkapkan anggota Fraksi PKB DPR RI Jazilul Fawaid yang memprediksi Jokowi hanya akan menyodorkan satu nama sebagai calon Kapolri. Bahkan Jazilul memperkirakan Jokowi akan menyerahkan nama Listyo ke DPR pada Rabu (13/1) besok. Hal ini sesuai dengan kebiasaan atau adat dalam penanggalan Jawa.

Saat berkomentar (11/1), Jazilul mengatakan, Listyo terpilih lantaran mendapat rekomendasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Listyo bakal mengalahkan empat jenderal polisi bintang tiga lainnya, yakni Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Meski demikian Wakil Ketua MPR ini tidak ingin mendahului takdir Tuhan atau ketentuan Presiden. Terlebih menurut Jazilul hingga kini DPR belum menerima surat presiden (surpres) terkait pergantian calon Kapolri hingga saat ini.

Pernyataan serupa juga disampaikan politisi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Saat memberikan keterangan (11/1), Dasco menyatakan DPR belum menerima surpres dari Jokowi tentang calon Kapolri.

Wakil Ketua DPR ini menambahkan pihaknya dalam posisi menunggu. Menurutnya DPR akan memproses surpres sesuai mekanisme yang berlaku. Tentunya setelah Jokowi secara resmi mengirimkannya. Dasco yakin Jokowi sudah mempertimbangkan masa jabatan Kapolri saat ini, Jenderal Idham Aziz yang akan berakhir pada 25 Januari 2021. (ant)