Vaksin

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan bakal menjalani vaksinasi Covid-19 pagi ini, Rabu (13/1). Jokowi akan menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac Biotech.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya, Rabu (13/1) mengatakan, program vaksinasi tahap pertama di Indonesia akan dimulai pada Rabu hingga Jumat, 13-15 Januari 2021. Terdapat tiga kelompok yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 pada tiga hari tersebut.

Nadia menyatakan, nama-nama pihak yang akan menjalani vaksinasi masih belum pasti. Namun dari data yang ada di Kemenkes terdapat nama beberapa menteri dan pejabat yang akan disuntik vaksin Covid-19 setelah Jokowi. Kelompok pertama program vaksinasi Covid-19 pada tanggal 13 Januari adalah kelompok 1: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendiknas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas COVID-19, Kepala BPOM.

Kelompok 2 adalah pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader di bidang kesehatan yakni Ketua IDI Daeng M Faqih, Ketua PPNI Harif Fadilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center Agus Syamsudin, Ketua Satgas NU Peduli COVID-19 M. Makky Zamzam, Najwa Shihab, Dokter Tirta, Bunga Citra Lestari, Raffi Ahmad.

Kelompok 3 adalah para tokoh agama, yaitu Ketua PBNU Marsyudi Syuhud, perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ustaz Das’ad Latif, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha.

Sedangkan kelompok yang bakal mengikuti vaksinasi pada tanggal 14 dan 15 Januari adalah pejabat publik daerah, yakni gubernur, kepala dinas kesehatan, Sekda, Pangdam, Kapolda, dan Dirut RSUD Rujukan Covid-19.

Dilanjutkan dengan pengurus Asosiasi Profesi Tenaga Kesehatan dan Key Opinion Leader Kesehatan Daerah. Kemudian sasaran berikutnya tokoh agama daerah yakni perwakilan Nahdlatul Utama, Perwakilan Muhammadiyah, Perwakilan Organisasi Kristen, Katolik, Budha. (ant)