Kastara.id, Bournemouth – Debut Manchester United di laga pertamanya di Liga Primer langsung memuncaki klasemen sementara lewat kemenangan meyakinkan 3-1 atas tuan rumah Bournemouth, di Vitality Stadium, Minggu (14/8).

Red Devils mencetak tiga golnya ke gawang Artur Boruc melalui Juan Mata, Wayne Rooney, dan Zlatan Ibrahimovic. Sementara tuan rumah The Cherries hanya mampu membalas lewat gol tunggal yang dilesakkan Adam Smith.

MU yang kini ditangani Jose Mourinho memuncaki klasemen sementara berkat keunggulan selisih gol karena pada laga Sabtu (13/8) kemarin tak ada tim yang mampu menang dengan selisih lebih dari satu gol.

Dalam laga perdananya, MU belum bisa memainkan Paul Pogba yang terkena suspensi. Di lapangan tengah, Mou menempatkan Marouane Fellaini dan Ander Herrera. Sedangkan Mata menjadi starter untuk menunjang striker tunggal Ibrahimovic bersama Rooney dan Anthony Martial dalam formasi utama 4-2-3-1.

Tuan rumah Bournemouth mencoba membuat gebrakan awal dan memiliki kesempatan mencetak gol dini di menit-menit awal. Hasilnya, sepakan Callum Wilson menyambut bola liar masih belum menembus gawang De Gea.

Setelah sekitar 20 menit permainan dikuasai tuan rumah, MU mulai menggeliat dengan melepas tendangan pertama dan kedua melalui Martial, walaun belum menemui sasaran. Demikian pula dengan tembakan kedua dari Wayne Rooney.

MU berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-40 yang diawali blunder Simon Francis. Backpass lemah bek tuan rumah langsung diserobot Mata. Sempat diselamatkan Boruc, namun bola kembali ke Mata yang langsung menceploskan bola ke gawang yangsudah kosong.

Gol Mata semakin meningkatkan kepercayaan diri para pemain MU. Tempo lebih tinggi pun dimainkan di babak kedua. Rooney membawa Red Devils menambah keunggulannya di menit ke-59 lewat sundulan akuratnya meneruskan assist dari Martial.

Hanya berselang lima menit, MU kembali mencetak gol untuk ketiga kalinya. Kali ini giliran Ibrahimovic yang mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan terarah Ibrahimovic dari luar kotak penalti berjarak 30 meter  tak bisa dijangkau Boruc dan menembus gawang Bournemouth.

Upaya tuan rumah untuk membalas berhasil lewat Adam Smith pada menit ke-69. Umpan dari Lewis Grabban langsung diantisipasi Smith dengan tembakan keras tanpa bisa dihalau David De Gea.

MU pun sukses mempertahankan keunggulan 3-1 hingga peluit panjang ditiup wasit Andre Marriner.

Susunan pemain:

Bournemouth: Boruc; Francis, Smith, Steve Cook, Daniels; Surman, Arter, Lewis Cook; Ibe (Afobe 68′), Wilson (Grabban 67′), King.

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Blind, Shaw; Fellaini, Herrera; Mata, Rooney, Martial; Ibrahimovic.

(sit)