MotoGP Jepang 2017

Kastara.id, Motegi – Balapan seri MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (15/10), berlangsung dalam kondisi hujan, bahkan sejak latihan bebas pertama Jumat (13/10).

Saat balapan berlangsung, sejumlah drama melibatkan sejumlah pebalap, termasuk terjatuhnya Valentino Rossi saat balapan baru memasuki lap kelima. Puncaknya terjadi saat duel sengit antara Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati Team).

Aksi saling menyalip pun tersaji pada lap-lap jelang akhir balapan. Dengan kondisi lintasan basah, risiko terjatuh dan kehilangan poin bisa saja terjadi. Pada akhirnya Dovi menang atas pembalap Marquez yang berduel hingga tikungan terakhir sebelum finis.

Peluang Marquez untuk juara sebenarnya terbuka lebar ketika mulai menjaga jarak dengan Dovi. Nyaris menang, namun sebuah kesalahan kecil di lap terakhir, selepas tikungan ke-8, Marquez kehilangan keseimbangan dan hampir terjatuh. Dovi pun mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk mendekat dan menyalipnya.

Bukan tipikal Marquez yang menyerah begitu saja. Satu serangan terakhir dengan melambatkan pengereman jelang tikungan terakhir menjadi target pamungkasnya untuk menjejak finis sebagai juara. Dovi memang mampu dilewati Marquez. Sayangnya Marquez keluar tikungan dengan sedikit melebar dan peluang terakhir tersebut dimanfaatkan kembali dengan cerdik oleh Dovi yang akhirnya finis di depan Marquez dengan selisih 0.249 detik.

Seperti dilansir Crash.net, walau hanya meraih podium kedua, namun Marquez mencatatkan dirinya yang berhasil merengkuh 100 podium selama berkarir di Grand Prix semua kelas. “Tentu saja saya mencoba dan memberikan penampilan 100%, berjuang sampai lap terakhir dan tikungan terakhir,” katanya.

Bagi Marquez, itu adalah balapan yang menakjubkan ketika dua calon juara dunia bertarung untuk menang. “Saat balapan ada banyak air di lintasan dan untuk beberapa alasan saya berjuang sedikit lebih dari yang diharapkan,” ujar Marquez usai balapan.

“Saya mencoba untuk mendorong dan memacu motor semulus mungkin, tapi Dovi juga sangat cepat untuk seluruh balapan. Memasuki lap terakhir, saya tahu saya hanya punya keunggulan sangat kecil, ditambah lagi kemudian saya melakukan kesalahan kecil di tikungan delapan,” sambung Marquez.

“Setelah Dovi melewati saya, dia sangat kuat menginjak rem dan saya tidak bisa mengimbanginya. Di tikungan terakhir saya coba menyerang lagi, tapi tidak mungkin melewatinya lagi,” ungkapnya.

Diakui Marquez, pada balapan di Motegi ini Dovi menjalani balapan yang luar biasa dan menang, tapi Marquez tetap senang dengan hasil yang diraihnya. “Kami juga mencetak beberapa poin bagus dan membuat pertunjukan yang bagus untuk para penggemar, jadi tidak masalah,” ujar Marquez. (tri)