MotoGP Jepang 2017

Kastara.id, Motegi – Balapan MotoGP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (15/10) berhasil dimenangkan oleh pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso.

Di bawah guyuran hujan, Dovi memulai balapan dari posisi start ke-9. Perlahan tapi pasti, Dovi mulai mendekati kelompok depan. Bahkan di beberapa lap akhir, ia bertarung sengit melawan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Menariknya, pertarungan sengit kembali dilakoni kedua pebalap yang memimpin di klasemen kejuaraan di mana Marquez masih memimpin 244 poin dan unggul 16 poin dari Dovi di posisi kedua.

Pada lap pamungkas, Dovi berhasil menyingkirkan Marquez di tikungan akhir jelang garis finis. Dovi pun merengkuh kemenangannya di GP Jepang.

Marquez yang mencoba mempertahankan posisi, akhirnya harus mengakui keunggulan Dovi walau tetap memimpin klasemen walau terpangkas menjadi 11 poin.

Podium ketiga berhasil diraih pebalap tim satelit Octo Pramac Racing Ducati, Danilo Petrucci, yang sebelumnya sempat memimpin balapan di lap-lap awal.

Posisi finis keempat dan kelima masing-masing diisi oleh duo pebalap Suzuki Ecstar, Andtrea Iannone dan Alex Rins.

Di posisi keenam dan ketujuh ditempati Jorge Lorenzo (Ducati Team) dan Aleix Esparagro (Aprilia Gresini Racing).

Tiga rider lainnya yang melengkapi posisi sepuluh besar adalah Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3), Maverick Vinales (Movistar Yamaha), dan Loris Baz (Reave Avintia Ducati).

Sementara Valentino Rossi terpaksa gagal finis usai mengalami kecelakaan di lap ke-5, sekaligus memupuskan harapannya untuk bersaing menjadi kampiun MotoGP musim ini. (dwi)