Papua

Kastara.id, Jakarta – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengapresiasi dan angkat topi atas keberhasilan TNI-Polri membebaskan 1.300 sandera di Desa Kimbely dan Desa Banti, Mimika, Papua. TNI-Polri berhasil mengevakasi 347 orang di antaranya dan menjamin keamanan 1000-an warga yang tetap menetap di dua desa tersebut. Aksi heroik itu dilakukan setelah TNI AD dari satuan Kopasus dan Raider berhasil memukul mundur kelompok teror KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

“Terima kasih TNI-Polri atas keberhasilan membebaskan sandera tanpa ada korban jiwa dari masyarakat. Ini menegaskan bahwa negara tidak kalah melawan teror,” tegas Jazuli.

Selanjutnya, TNI-Polri masih harus memastikan dan menjamin keamanan warga asli yang menetap di dua desa tersebut. Untuk itu upaya melumpuhkan kelompok teror KKB tidak boleh kendor.

“Upaya melumpuhkan kelompok teror KKB harus dilakukan secara efektif dengan zero korban jiwa terutama dari pihak aparat. Adapun anggota KKB yang menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI bisa diampuni setelah melalui proses hukum,” terang Jazuli.

Tentu upaya ini tidak mudah dan kompleks serta membutuhkan upaya komprehensif mengatasi masalah yang selama ini terjadi di Papua termasuk menghentikan atau memutus dukungan atas kelompok separatis teroris ini.

“Sekali lagi negara tidak boleh kalah melawan teror apalagi yang jelas-jelas mengancam kedaulatan NKRI. Saya yakin TNI/Polri mampu!” pungkas Jazuli. (danu)