Jalur KA Lemah Abang-Kedung Gedeh

Kastara.ID, Jakarta – Hingga kini PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya semaksimal mungkin melakukan proses percepatan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel, dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat di sepanjang lokasi yang terdampak banjir.

Sebelumnya dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 hingga Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yang menggantung.

“PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu,” ucap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Selasa (23/2).

Melalui percepatan penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan jalur KA antara Lemah Abang-Kedung Gedeh ditargetkan dapat kembali melayani perjalanan KA hari ini untuk perjalanan KA Sore dan Malam hari. Namun demikian perkembangan informasi keberangkatan KA pada sore dan malam nanti akan kembali diberikan secara berkala dengan melihat proses perbaikan yang terus berlangsung.

Karena pagi ini proses perbaikan masih terus dilakukan, masih terdapat sekitar 7 KA untuk keberangkatan pagi hari dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang belum dapat dilayani perjalanannya.

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari, 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun. Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang. Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain.

Adapun berikut daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh di area Daop 1:
– Pasar Senen
– Gambir
– Bekasi
– Cikampek
– Bogor
– Jakarta Kota
– Karawang

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_1. (ant)