ACT

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok terpilih Imam Budi Hartono (IBH) bersama Kepala Cabang ACT Kota Depok Gunawan Mukti Aji melepas bantuan kemanusian untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Kepala Cabang ACT Kota Depok Gunawan Mukti Aji mengatakan, pihaknya kini  melakukan persiapan untuk pemberangkatan terhadap para relawan yang tergabung di ACT Kota Depok yang rencananya pada hari Rabu dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan sekaligus pengiriman bahan-bahan pokok yang dibutuhkan bagi korban bencana di sana.

“Untuk relawan yang kami terjunkan ke lokasi bencana memang kami seleksi terlebih dahulu. Mereka diseleksi agar saat di lokasi dapat lebih maksimal membantu, baik pikiran untuk membantu korban bencana alam di dua provinsi itu. Jangan sesampainya di sana malah merepotkan karena sakit, atau masalah psikologis lainnya,” ucap Gunawan di ruang kantor cabang ACT Kota Depok di Jalan Ir H Juanda, Kemiri Muka, Beji, Depok, Selasa (26/1).

“Relawan ACT Depok yang akan dikirim ke lokasi bencana alam, kami seleksi sesuai standar kebutuhan relawan yang dibutuhkan di lokasi. Di antaranya kami seleksi dengan spesifikasi mulai keahlian dalam water rescue, vertical rescue, medis atau P3K serta kesiapan fisik dan mental dari relawan yang akan dikirim ke sana,” jelasnya.

“Insya Allah sedikitnya kami kirimkan lima relawan yang akan bergabung dengan kapal kemanusiaan milik ACT Indonesia yang akan diberangkatkan ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan,” imbuhnya.

Selain mengirimkan anggota relawannya ke lokasi bencana alam, ACT Kota Depok juga sudah menyiapkan sejumlah bantuan langsung yang akan ikut bersama tim relawannya.

“Insya Allah satu truk penuh yang berisi berupa kasur, puluhan bantal, pakaian baru, makanan, beras, obat-obatan, masker, kebutuhan anak-anak seperti susu, pampers, pembalut wanita, serta kebutuhan mandi, dan lain-lainnya,” ungkapnya.

Secara simbolis Imam Budi Hartono (IBH)  melepas satu mobil truk berisi bahan-bahan bantuan kemanusian untuk disumbangkan ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Serta mengirimkan sejumlah relawannya ke lokasi bencana alam banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan korban gempa bumi di Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

Tak lupa IBH mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang menyumbangkan melalui ACT cabang Depok, semoga bantuan dari para donatur bisa bermanfaat bagi korban bencana di sana.

“Kepada masyarakat di Kota Depok yang ingin memberikan donasi bantuannya melalui ACT Kota Depok untuk disalurkan kepada warga di dua provinsi yang menjadi korban bencana alam banjir dan gempa kami persilakan, pintu kami selalu terbuka untuk warga Kota Depok yang ingin berdonasi. Apapun donasinya insya Allah akan kami terima,” ungkapnya. (*)