BNI Syariah

Kastara.ID, Jakarta – BNI Syariah menggelar Webinar Customer Gathering dengan tema Istiqomah Sehat dan Bahagia. Acara dengan format webinar ini diselenggarakan dengan mengundang segenap nasabah prioritas BNI Syariah dari 68 cabang.

Hadir dalam acara ini dokter Agus Ali Fauzi, Direktur Utama PT BNI Life Insurance Shadiq Akasya, dan General Manager BNI Life Syariah,Agung Jatmika Nurahsid. Dari BNI Syariah hadir Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo, Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi, Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah Ida Triana Widowati, Pemimpin BNI Syariah Wilayah Jabodetabek Plus Azizah Saleh, Pemimpin BNI Syariah Kantor Wilayah Timur Ali Muafa, dan Pgs Pemimpin BNI Syariah Kantor Wilayah Barat Asep Mulyadi.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah prioritas atas kepercayaan dan kerja samanya selama ini untuk memilih BNI Syariah sebagai mitra dalam mengelola keuangan sesuai prinsip syariah. “Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan Hasanah Way untuk kebermanfaatan nasabah baik dunia maupun di akhirat. BNI Syariah juga berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik sesuai prinsip syariah melalui produk, layanan, dan inovasi,” kata Abdullah Firman Wibowo.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi berharap bisa memberikan insight terkait pentingnya menjaga dan menjalankan protokol kesehatan, sehingga nasabah dapat tetap produktif di tengah kondisi pandemi COVID-19. “Kami berharap acara ini bisa meningkatkan silaturahmi antara BNI Syariah dengan segenap nasabah prioritas agar selalu mendapatkan kebermanfaatkan, barokah dan tuntunan Allah,” kata Iwan.

Dokter Agus Ali Fauzi menekankan pentingnya menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi COVID-19. “Beberapa yang bisa dilakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah, berpikir positif dan optimis, menjaga mood, serta menambah sedekah,” kata Agus. Selain itu dari sisi makanan, asupan air putih dan vitamin juga harus diperhatikan.

Dalam acara ini, BNI Syariah memberikan penghargaan kepada nasabah prioritas di antaranya pemberian 10 paket medical check up untuk 10 nasabah yang beruntung. Pemberian medical check up ini merupakan komitmen sinergi BNI Group yaitu BNI Syariah dengan BNI Life. Selain itu, BNI Syariah juga memberikan 100 Paket Asessment Al Fatihah untuk 100 nasabah terpilih.

BNI Syariah mempunyai 8.000 nasabah prioritas dengan dana kelolaan masing-masing lebih dari Rp 500 juta. Sampai November 2020, total DPK nasabah prioritas BNI Syariah mencapai Rp 9,37 triliun. Pada masa pandemi COVID-19, sampai November 2020, bisnis prioritas BNI Syariah masih tumbuh sebesar positif sebesar 16% dibanding tahun 2019.

Sepanjang 10 tahun BNI Syariah hadir melayani masyarakat, BNI Syariah terus mencatat kinerja yang positif dan stabil. Terbukti hingga triwulan III tahun 2020, BNI Syariah berhasil mencatat pencapaian Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 45,65 triliun atau naik 21,76% secara year on year (yoy) dibandingkan periode sama tahun 2019 sebesar Rp 37,49 triliun.

Pertumbuhan DPK ini didorong oleh pertumbuhan dana murah (CASA), dengan rasio sebesar 65,15%, naik dibandingkan periode sama tahun 2019 sebesar 61,95%. Sampai September 2020, jumlah rekening BNI Syariah sebanyak 4 juta rekening, naik 20,28% dibanding periode sama tahun 2019 sebesar 3,3 juta rekening.

Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, BNI Syariah menerapkan layanan sesuai prinsip syariah diantaranya penghapusan denda, layanan sholat tepat waktu di seluruh outlet BNI Syariah, dan hasanah reward yaitu tunjangan hafiz Qur’an bagi pegawai.

BNI Syariah juga menyediakan produk dan layanan melalui inovasi digital di antaranya adalah BNI iB Hasanah Card untuk memfasilitasi transaksi nasabah melalui kartu pembiayaan. BNI iB Hasanah Card juga bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant dengan bidang usaha halal.

BNI Syariah juga mengembangkan inovasi digital di antaranya uang elektronik HasanahKu yang menjadi salah satu flagship positioning BNI Syariah dalam digitalisasi dan payment system. HasanahKu dipasarkan sebagai value added product pada area atau segmen yang menjadi kekuatan BNI Syariah yaitu ekosistem halal, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan lembaga Ziswaf.

Dalam upaya pengembangan wakaf, BNI Syariah juga mempunyai platform digital yaitu Wakaf Hasanah. Platform Wakaf Hasanah merupakan wakaf melalui uang untuk project wakaf yang dapat diakses wakif melalui website dan aplikasi Wakaf Hasanah dengan pembayaran melalui transfer ke rekening Virtual Account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui wakaf hasanah akan didistribusikan kepada nazhir dengan proyek yang sudah wakif pilih. (mar)