Dzikir Nasional

Kastara.ID, Jakarta – Di penghujung tahun 2018, ribuan umat muslim menghadiri Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Senin (31/12).

Pantauan saat jelang Isya, ribuan umat muslim sudah memadati Masjid At-Tin. Dzikir Nasional yang sudah menjadi tradisi tahunan Republika ini mengusung tema “Menebarkan Kebaikan, Menguatkan Kepedulian”.

Acara zikir bersama yang merupakan bagian dari rangkaian Festival Republik ini merupakan ikhtiar untuk menyajikan acara positif di malam pergantian tahun.

Dzikir Nasional dihadiri KH Cholil Nafis, Muhadjir Effendy, KH Muhammad Arifin Ilham, KH Tengku Zulkarnain, Muzammil Hasballah, dan Cholidi Asadil Alam.

Menag Lukman Hakim Saifuddin berhalangan hadir dalam gelaran Dzikir Nasional ini dan diwakili Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Bimas Islam Kemenag, Juraidi.

Menurut Juraidi, Menag mengalami kelelahan usai kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Indonesia. Dalam sambutan mewakili Menag, Juraidi mengatakan Dzikir Nasional di Mesjid At Tin ini sejalan dengan misi Kementerian Agama, yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama.

Dzikir Nasional dipimpin oleh ulama kondang Ustadz Muhammad Arifin Ilham. Senandung dzikir pun mengema diikuti ribuan umat muslim dilanjutkan tausiyah dari sejumlah ulama.  (put)