Libur Tahun Baru 2019, 11 Puskesmas Tetap Buka Pelayanan

Puskesmas

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas tetap membuka pelayanan selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tetap dapat memperoleh pelayanan kesehatan meski saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami pastikan semua UPT Puskesmas tetap buka selama 24 jam. Upaya tersebut kami lakukan agar tetap memberikan pelayanan kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Ernawati beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, puskesmas yang akan bersiaga selama libur Natal dan Tahun Baru antara lain UPT Puskesmas Cimanggis, UPT Puskesmas Tapos, UPT Puskesmas Sukmajaya, UPT Puskesmas Cilodong, UPT Puskesmas Pancoran Mas. Kemudian, di UPT Puskesmas Cinere, UPT Puskesmas Limo, UPT Puskesmas Cipayung, UPT Puskesmas Bojongsari, UPT Puskesmas Beji, dan UPF Puskesmas Kedaung.

Baca Juga:  Pelayanan Kesehatan 24 Jam Saat Libur Lebaran di Jakarta

Ernawati menuturkan, untuk jam operasional berjalan seperti biasa karena 11 puskesmas tersebut beroperasi selama 24 jam. Layanan yang diberikan disesuaikan, terutama untuk layanan poli umum.

“Secara teknis, pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai dengan arahan dari masing-masing Kepala UPT Puskesmas,” ucap Ernawati.

Dirinya menambahkan, dengan layanan kesehatan yang diberikan selama libur Natal dan Tahun Baru, diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang membutuhkan. Tentunya dengan layanan prima yang diberikan setiap puskesmas.

Hal itu terlihat pada Puskesmas Cimanggis yang tetap melayani masyarakat selama libur Tahun Baru 2019. Terlebih, Puskesmas tersebut juga telah memiliki pelayanan kesehatan 24 jam.

“Tidak ada libur untuk kami dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” tutur Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis Umi Zakiati, Senin (31/12).

Baca Juga:  Pelayanan Kesehatan 24 Jam Saat Libur Lebaran di Jakarta

Dikatakan Umi, pelayanan yang diberikan sedikit berbeda dengan setiap harinya. Saat libur Tahun Baru 2019, pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum dan pelayanan gawat darurat. Selain itu juga memberikan pelayanan bersalin kepada masyarakat.

“Tidak hanya itu, pelayanan farmasi, laboratorium dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (Poned) juga berjalan seperti biasa yaitu selama 24 jam,” tuturnya.

Sedangkan untuk layanan konseling, lanjut Umi, khusus program seperti gizi, HIV/AIDS dan layanan lainnya akan aktif kembali setelah libur Tahun Baru 2019. Untuk memaksimalkan berbagai pelayanan tersebut, Puskesmas Cimanggis akan menugaskan satu dokter dan dua perawat untuk bersiaga.

Dirinya berpesan kepada masyarakat di Kecamatan Cimanggis untuk tetap menggunakan pelayanan kesehatan di puskesmas. Pihaknya akan tetap melayani semua pasien, meskipun sedang libur Tahun Baru 2019. (lan)