Tahun Baru

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta berhasil membersihkan sampah di malam Tahun Baru 2020 yang mencapai 125 ton di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jumlah tersebut menurun drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai 327 ton.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, lokasi penyumbang sampah terbesar saat malam pergantian tahun yakni kawasan Monas sebanyak 15 ton, Bundaran HI 7 ton, serta sepanjang Jalan Sudirman-Jalam MH Thamrin mencapai 8 ton.

“Personel kami bergerak cepat melakukan pembersihan sampah. Alhamdulillah, pada pukul 04.00 kawasan pusat-pusat keramaian massa saat malam Tahun Baru sudah bersih,” ujar Andono Warih, Rabu (1/1).

Andono menjelaskan, proses pembersihan dapat dituntaskan dengan cepat karena sebelumnya petugas bersama komunitas peduli lingkungan telah melakukan sosialisasi dan membagikan ribuan kantong sampah kepada para pedagang kaki lima.

“Petugas yang dikerahkan juga menempatkan ratusan dust bin di titik-titik keramaian,” terangnya.

Ia menambahkan, proses pembersihan lokasi akibat sampah relatif mudah karena sudah terkumpul di tempat sampah jenis dust bin yang dapat langsung diangkat oleh truk pengangkut jenis compactor.

“Untuk pembersihan jalan, kami mengerahkan road sweeper atau mobil sapu otomatis. Sehingga pembersihan bisa berlangsung dalam tempo singkat,” ungkapnya.

Andono mengapresiasi kepedulian warga dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Kesadaran warga ini sangat penting, sehingga bisa membantu petugas kami di lapangan,” tandasnya. (hop)