Abdul Azis Muslim

Kastara.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengoptimalkan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Ibukota.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Abdul Azis Muslim yang menilai bahwa KSB perlu dioptimalkan saat musim hujan yang tengah berlangsung saat ini.

“Di setiap kelurahan kan ada KSB. Itu dioptimalkan untuk memonitor kondisi wilayah sepanjang musim hujan seperti saat ini,” ujarnya, Jumat (1/2).

Azis juga mendorong BPBD DKI Jakarta untuk memetakan lebih detail daerah-daerah yang rawan bencana. Hal ini diperlukan agar penanganan bencana dapat lebih cepat dan tanggap.

“BPBD juga harus ada peta-peta rawan bencana. Titiknya di mana saja. Itu untuk memudahkan kita memberikan pertolongan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta lainnya, Darussalam. Menurutnya BPBD juga perlu meningkatkan sinergitas dengan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menerima informasi terkini terkait perubahan cuaca.

“Kerja sama dengan BMKG harus ditingkatkan. Sehingga informasi yang masuk bisa disampaikan langsung ke warga,” tandasnya. (hop)