Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China, Hua Chunyin mengatakan, pemerintahnya meminta semua warga negara China yang berada di luar negeri segera pulang. Hal ini terkait dengan wabah virus corona yang semakin mengkhawatirkan.

Dilansir dari AFP (31/1), Hua menyebut pemerintah China akan menyewa pesawat khusus untuk menjemput warganya pulang kampung. Otoritas penerbangan China telah berkoordinasi guna membawa pulang warganya yang kini berada di luar negeri. Hua menambahkan perintah ini terutama ditujukan bagi warga Provinsi Hubei, tempat penyebaran virus corona bermula. Sebelumnya negeri tirai bambu itu juga telah meminta warganya menunda atau membatalkan rencana perjalanan ke luar negeri. Hal ini demi mencegah virus penyakit mematikan itu semakin menyebar.

Sementara itu beberapa negara, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Jerman telah mengeluarkan travel warning bagi warganya pergi ke China. Rusia juga dilaporkan telah menutup perbatasannya dengan negeri pimpinan Xi Jinping itu.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah menetapkan penyebaran virus corona sebagai darurat global. Hal ini setelah penyebarannya sangat masif dan semakin meluas. Virus corona menyusul wabah virus Zika dan Ebola yang juga pernah berstatus darurat global. Hingga Jumat (31/1), virus corona dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 9.000 orang. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 213 orang. (har)