Kastara.id, Jakarta – Lazada dan Bank BRI menandatangi nota kesepahaman untuk membantu upgrade skala bisnis UKM di sejumlah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk satu tahun ke depan. Penandatanganan berlangsung di Jakarta (28/2).

Dalam program yang sama Lazada telah mengunjungi 11 kota di Indonesia dan berhasil memberikan pelatihan pemasaran produk secara online kepada ribuan UKM. Sedangkan tahun ini, selain membawa program #upgradeUKM bagi UKM yang akan berjualan online, Lazada akan memperkenalkan Lazada University. Fasilitas ini untuk para UKM yang sudah menjadi seller Lazada yang memaksimalkan potensi pasar e-comerce market place.

Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar dan tech-savvy, memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia baik sebagai pelaku usaha UMKM maupun penyedia jasa terkait industri digital.

“Membantu UMKM agar dapat mengembangkan usahanya secara online merupakan fokus kami tahun ini. Untuk itu kami meluncurkan program #upgradeUKM2018 di 29 kota di Indonesia,” ujar Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia.

Sementara itu, sepanjang tahun 2017 Bank BRI telah sukses menyalurkan Rp 69,4 triliun dana KUR kepada lebih dari 3,7 juta debitur baru. Sebanyak 41% di antaranya telah digunakan untuk sektor produktif. Dengan visi yang sama, Bank BRI dan Lazada bersinergi mendorong UMKM binaan agar naik kelas menjadi technopreneurs.

“Kami menyambut baik kerja sama ini. Bagi kami pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi mulai dari kemudahan akses pembiayaan hingga upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto.

Bagi Lazada, peningkatan keterampilan dan wawasan UMKM mengenai online market place penting untuk meningkatkan angka penjualan dan mutu produksi. Juga dengan kualitas pelayanan konsumen para pelaku UMKM dapat terus meningkat, karena kepuasam pelanggan merupakan salah satu alat promosi paling efektif. (koes)