MotoGP Qatar 2018(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Perhelatan MotoGP Qatar 2019 bakal tetap digelar sesuai jadwal. Kelas premier tetap dimulai pukul 8 malam waktu setempat. Demikian pula dengan jadwal Free Practice pada Jumat dan kualifikasi yang dihelat Sabtu.

Namun diyakini perubahan masih bisa terjadi jika suhu lintasan ternyata terlalu rendah.

Sebelumnya beberapa pembalap mengkhawatirkan balapan kelas primer di Sirkuit Internasional Losail bakal berisiko akibat penurunan suhu lintasan. Bahkan pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo telah meminta kepada MotoGP agar memajukan jadwal balapan.

Kekhawatiran Lorenzo dipicu insiden kecelakaan yang dialami sejumlah pembalap pada hari terakhir tes pramusim Qatar yang saat itu siketahui temperatur di lintasan balap berada di bawah 16 derajat Celcius.

Lorenzo mengatakan bahwa dirinya ingin berbicara dengan orang-orang yang menentukan jadwal balapan. “Jika kita bisa menggelar lebih awal, akan jauh lebih baik untuk keselamatan pembalap,” jelas Lorenzo.

Pembalap bernomor 99 itu pun sangat berharap balapan bisa dimajukan setengah jam, satu jam, atau sebanyak mungkin. “Jika kita kurang beruntung untuk balapan di malam yang sangat dingin, itu akan berbahaya,” imbuhnya.

Lorenzo bahkan telah menelpon CEO Dorna Sports SL Carmelo Ezpeleta untuk menyampaikan handicap tersebut. Ezpeleta sempat mengatakan kepada media bahwa masih terbuka menghelat balapan pada pukul 7 malam waktu setempat. Sayangnya keputusan sudah diumumkan dan tidak ada perubahan jadwal. (lan)