Umrah

Kastara.ID, Jakarta – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi membantah informasi yang mengatakan semua bandar udara (bandara) di Arab Saudi dibuka kembali pada 14 Maret 2020. Hal ini menanggapi beredarnya info melalui media sosial yang menyebut jemaah umrah bisa berangkat mulai 14 Maret 2020.

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah, Eko Hartono mengatakan, pihaknya juga menerima informasi tersebut. Eko menjelaskan, pemberitahuan tersebut konteksnya adalah refund ticket dari maskapai Saudi Airlines atau Saudia.

Saat memberikan pernyataannya (28/2), Eko memastikan sampai saat ini belum ada informasi dari pemerintah Arab Saudi terkait jadwal penerbangan. Artinya kapan jemaah umrah dibuka kembali juga belum ada keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya beredar informasi yang mengatakan jemaah umrah normal kembali 15 hari lagi atau 14 Maret 2020. Informasi yang beredar di media sosial itu berbunyi:

Alhamdulillah
Kabar baik, semua bandara untuk umrah akan kembali normal pertanggal 14 Maret 2020 ( 15 Hari lagi ) Jadi silahkan yang dibawah tanggal 14 maret bisa di reschedule ketanggal 14 maret keatas

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi memutuskan melarang sementara kedatangan jemaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini demi mencegah penyebaran virus corona. Akibatnya sejak Jumat (28/2) semua pengajuan visa kunjungan termasuk visa umrah juga dihentikan. (put)