Cabai Rabani

Kastara.ID, Jakarta – 2.000 pohon cabai dipanen di lahan milik Pusat Pengembangan Benih (Pusbangbenih) dan Proteksi Tanaman, Cibubur, Jakarta Timur. Satu pohon menghasilkan rata-rata empat kilogram cabai.

Kepala Pusbangbenih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Ali Nurdin mengatakan, jenis cabai rawit yang dipanen merupakan varietas rabani.

“Dari hasil panen ini biji cabai dikeringkan untuk dijadikan benih lagi. Setelah tumbuh benih sebagian ditanam kembali dan sebagian lagi dibagikan ke masyarakat,” ujar Ali (29/2).

Bagi warga yang membutuhkan tanaman cabai, sambung Ali, dipersilakan melakukan pengajuan permohonan dengan syarat melampirkan fotokopi KTP DKI. Nantinya setiap warga bisa mendapatkan dua tanaman cabai secara gratis.

Sekadar diketahui, cabai rawit varietas rabani membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk masa tanam. Adapun lahan yang digunakan untuk penanaman cabai ini seluas 1.000 meter persegi di areal kebun bibit Pusbangbenih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. (hop)