“Kami mengerahkan 100 warga untuk membersihkan Situ Bojongsari. Kerja bakti ini didukung pemerintah dengan datangnya Wali Kota Depok Mohammad Idris. Tak hanya itu Dandim 0508/Depok Letkol Inf. Iskandarmanto, juga ikut membantu kami,” kata Ketua RW 014, Kecamatan Bojongsari, Daud Sulaiman.

Selain membersihkan situ, ada penanaman 100 pohon buah, serta penyebaran 20 ribu bibit ikan di Situ Bojongsari. Semua upaya tersebut diharapkan mampu menjaga keberadaan dan kelestarian situ.

Dandim 0508 Kota Depok Letkol Inf. Iskandarmanto menuturkan, pihaknya menyiapkan 100 personel dan beberapa perahu karet untuk membersihkan situ dari tanaman eceng gondok. Menurutnya, partisipasi pada aksi bersih-bersih situ menunjukkan kepedulian TNI kepada masyarakat.

“Ini sejalan juga dengan rencana penghijauan yang dilakukan Kodim 0508/Depok yaitu penanaman 19 ribu pohon buah di situ yang ada di Kota Depok. Langkah ini juga merupakan fungsi tiga pilar untuk selalu menjalin sinergitas untuk melayani masyarakat,” ujar Iskandarmanto.

Sedangkan Wali Kota Depok Mohammad Idris memberikan apresiasi terhadap kolaborasi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dengan bersama-sama menjaga kebersihan serta kelangsungan situ.

“Kesadaran ini tentu sangat baik, karena pelestarian situ bukan hanya tugas pemerintah tapi semua pihak,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rudi Irwanto-Kastara.ID
Editor: Dwi