Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris untuk kesekian kalinya kembali meraih penghargaan di tahun 2019. Penghargaan Earth Hour Leader yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada kepala daerah yang peduli terhadap lingkungan dan bijak energi, serta penghargaan Indonesia Visionary Leader kategori Certificate of Visionary Leader Presentation dari SINDO.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kolaborasi dari seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Depok. Tanpa kerja sama dari semuanya, tidak mungkin kita meraih penghargaan ini,” tutur Mohammad Idris usai memimpin apel pagi di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (1/4).

Dikatakan Mohammad Idris, untuk penghargaan Earth Hour Leader diberikan atas upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok. Baik dari komunitas hingga pelaku usaha dalam upaya menghemat energi.

“Pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, seperti komunitas dan pelaku usaha dalam mendukung earth hour dengan menggunakan listrik untuk mematikan selama satu jam secara bijak dan melakukan berbagai inovasi penghematan energi,” ujarnya.

Idris menambahkan, terkait penghargaan Indonesia Visionary Leader diberikan berdasarkan inovasi dan program kerja dari kepala daerah dalam pembangunan kota. Dengan poin penilaian berupa penjabaran visi kepala daerah dengan semangat Pancasila dan presentasi dari visi kepala daerah dengan program kerja secara konkret.

“Kemarin saat penilaian itu, kita memaparkan mengenai berbagai visi misi dan program-program inovatif yang dilakukan dalam membangun Kota Depok ke depan,” imbuhnya. (*)