GoGreener

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta bersama salah satu perusahaan teknologi bidang transportasi dan jasa angkutan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk memperkuat kolaborasi dalam upaya pengendalian dan pengurangan sampah, terutama plastik sekali pakai.

PKS ini menekankan pada edukasi dan pelatihan bisnis ramah lingkungan kepada para mitra di ekosistem Gojek, khususnya mitra usaha GoFood dan mitra pengemudi selama satu tahun ke depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, kolaborasi ini merupakan perwujudan dari salah satu pilar Sustainability Gojek, GoGreener yang bertujuan menjalankan bisnis dan operasional dengan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

“Melalui kolaborasi ini juga akan memudahkan seluruh ekosistem Gojek untuk menjalani gaya hidup peduli lingkungan melalui inovasi teknologi,” ujarnya (31/3).

Syaripudin menjelaskan, kolaborasi kedua belah pihak melalui inisiatif GoGreener ini mendukung pencapaian Provinsi DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat di DKI Jakarta, termasuk para mitra, akan pentingnya pengadopsian gaya hidup ramah lingkungan melalui program pelatihan dan sosialisasi yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Kami telah mengikuti dan mendukung program GoGreener sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Kami mengapresiasi langkah Gojek yang terus memanfaatkan teknologi untuk secara konsisten berinovasi mendorong masyarakat DKI Jakarta agar lebih peduli lingkungan, dengan cara yang mudah,” terangnya.

Menurutnya, selaras dengan upaya tersebut, Gojek juga turut mendukung program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) di bidang persampahan yang dikoordinasikan oleh Dinas LH DKI Jakarta melalui pengadaan tempat sampah pilah.

“Program ini bertujuan memberikan akses kepada masyarakat dalam optimalisasi kegiatan pilah sampah,” ungkapnya.

Sementara Group Head of Sustainability Gojek, Tanah Sullivan mengatakan, langkah dari program GoGreener yakni mewujudkan operasional bisnis yang lebih peduli lingkungan secara konsisten, didukung oleh pemanfaatan inovasi teknologi untuk mendorong perubahan perilaku dalam skala besar.

Dirinya mengapresiasi kepercayaan Dinas LH DKI Jakarta karena sejak awal GoGreener diluncurkan pada 2019 lalu pihaknya mendapatkan dukungan penuh.

Diharapkan, kolaborasi ini makin menegaskan komitmen bersama untuk terus memberikan dampak positif terhadap lingkungan, khususnya demi menciptakan Jakarta yang lebih sehat, nyaman dan ramah lingkungan.

“Kami menggunakan pendekatan berbasis data dan sains untuk mengidentifikasi akar masalah, sehingga dapat menyusun target dan strategi yang tepat serta efektif dalam mendorong semua pihak yang ada di ekosistem kami untuk bertransisi menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan,” tandasnya. (hop)