Kastara.ID, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu (1/6). Upacara dipimpin Presiden Joko Widodo dan dihadiri Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan wakil Presiden ke-11 Boediono, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, menteri kabinet kerja, dan sejumlah tokoh agama.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan, pembangunan SDM akan memperoleh perhatian lebih dari yang lainnya, SDM yang kompeten dalam mensejahterakan masyarakat yang berahlak mulia, yang berpancasila, yang akan membawa Indonesia menjadi negara yang dicita-citakan oleh para founding fathers.

“Oleh karena itu, pemerintah sangat mengharapkan peran serta dan dukungan semua komponen bangsa dari para ulama, para tokoh agama, dari sekolah/madrasah, dari pesantren sampai perguruan tinggi. Dan dari para budayawan dan profesional untuk ikutserta dalam akselarasi pembangunan SDM ini,” ujar Presiden.

 

Dalam peringatan hari lahir Pancasila ini, Presiden mengajak agar peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni ini dimanfaatkan untuk meneguhkan komitmen nilai-nilai luhur Pancasila. Untuk saling toleran, hidup rukun, gotong royong serta melawan paham-paham anti Pancasila, dan bahaya terorisme serta sparatisme yang bisa mengancam persatuan bangsa kita, Indonesia.

“Selamat hari lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila,” ucap Presiden.

Upacara berlangsung khidmat, tampak hadir sejumlah menteri kabinet kerja dan sejumlah tokoh agama. (put)