Dani Pedrosa

Kastara.id, Assen – Pewmbalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, tampil sangat buruk di dua hari pertama MotoGP Assen. Akibatnya, Pedrosa akan memulai balapan dari posisi ke-18 setelah terpuruk di sesi kualifikasi.

Berada di tim pabrikan dengan sumber daya memadai, performa Pedrosa akhir-akhir ini terlihat merosot. “Kualifikasi kemarin sangat sulit. Saya bahkan tak bisa masuk ke sesi kulifikasi kedua, juga tak bisa mencetak waktu yang baik,” ujar Pedrosa menanggapi penampilannya usai kualifikasi.

Pedrosa pun menyebut faktor angin yang dihadapinya. “Posisi awal saya jelas tidak baik, tetapi kami harus berusaha dan tetap positif untuk balapan dan pertarungan di balapan nanti,” katanya.

Pedrosa pun mencoba membuat pilihan ban yang tepat dan akan berusaha melakukan start yang baik.

Sejumlah kalangan berpendapat bahwa buruknya performa Pedrosa di Assen diakibatkan faktor eksternal, terutama masalah ketidakpastian masa depannya di MotoGP.

Nama Pedrosa secara resmi telah dicoret dari daftar pembalap Repsol Honda mulai musim depan. Sampai sekarang pun ia belum memutuskan untuk pensiun atau gabung ke tim lain.

“Saat Anda punya banyak beban pikiran, maka Anda tak bisa fokus sepenuhnya,” ungkap Pedrosa.

Pedrosa juga mengakui kondisi tubuhnya tak perlalu fit belakangan ini yang akan mempengajuhi kiprahnya di Assen.

Untuk musim balapan tahun depan, Pedrosa dipastikan akan digantikan oleh Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda. (lan)