Kurban

Kastara.ID, Mataram – Pulau Bungin yang merupakan pulau terpencil yang terletak di lepas Laut Bali dan secara administratif merupakan salah-satu desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tidak luput dari atensi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa melalui bantuan hewan kurban.

Hal tersebut disampaikan Kapenrem 162/WB Mayor Inf  Dahlan dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (31/7).

Dikatakannya, pulau ini berada 70 kilometer arah barat dari pusat Kecamatan Sumbawa Besar. Dari daratan utama, Pulau Bungin dapat dijangkau menggunakan perahu motor maupun sebuah jalan buatan. Desa Pulau Bungin ini disebut sebagai pulau yang terpadat di dunia.

“Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani di sela-sela memantau dan terjun langsung menyiapkan hewan kurban bantuan dari Kasad, menyampaikan bahwa pada momentum Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020, penyaluran bantuan puluhan hewan kurban kepada masyarakat Pulau Bungin sebagai bentuk kepedulian Bapak Kasad,“ jelasnya.

Selain itu, berbagai cerita panjang terkait pulau kecil dan hampir tidak dijumpai lahan yang kosong di pulau ini menjadi perhatian tersendiri dari berbagai kalangan, termasuk Kepala Staf Angkatan Darat yang tergugah dengan kondisi dan keadaan masyarakat yang ada di Pulau Bungin ini.

“Seperti kita ketahui, setiap tahunnya pulau yang sangat padat ini terus bertambah luasnya, karena adanya reklamasi untuk menampung penambahan keluarga yang baru menikah. Rata-rata setiap tahunnya bertambah 100 buah rumah baru di Pulau Bungin,“ tuturnya.

“Saat ini jumlah penduduk yang mendiami Pulau Bungin berjumlah sekitar 3000 jiwa terdiri dari 1000 KK dengan mayoritas mereka bekerja sebagai nelayan,“ tukas Kapenrem mengutip penjelasan Danrem.

Danrem menyampaikan kepada masyarakat Pulau Bungin bahwa momentum Hari Raya Kurban ini untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. (wepe)