Beranda Headline Berita Begini Alasan Servis Mobil Harus Secara Rutin

Begini Alasan Servis Mobil Harus Secara Rutin

Kastara.ID, Jakarta – Melakukan servis secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Servis mobil secara rutin memang tak menjamin mobil bebas dari kerusakan, namun setidaknya hal itu bisa mengurangi intensitas komponen-komponen yang rusak.

Selain itu ada beberapa alasan Anda harus rajin membawa mobil ke bengkel untuk melakukan servis.

Memastikan Keselamatan di Jalan
Alasan utama melakukan servis mobil secara rutin adalah demi keselamatan Anda, keluarga, dan siapapun yang naik di dalam mobil tersebut.

Saat terjadi kecelakaan tak jarang diakibatkan oleh mobil yang juga tak rutin melakukan servis. Sistem pengereman, kurangnya oli mesin, karet wiper kaca yang sudah rusak, mungkin terdengar sepele. Padahal hal-hal kecil tersebut mungkin saja menjadi penyebab utama kecelakaan yang serius.

Dengan melakukan servis mobil secara rutin, Anda dapat mengetahui bahwa ada yang tak beres pada mobil dan bisa segera diperbaiki.

Mencegah Malfungsi Komponen dan Biaya Tak Terduga
Saat melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin pernah melihat ada mobil yang harus berhenti di pinggir jalan karena mengalami kerusakan. Pastinya Anda tak ingin hal itu terjadi pada Anda bukan? Untuk mencegahnya, melakukan servis secara rutin lah jawabannya.

Anda juga bisa menghindari biaya di luar perkiraan seperti menyewa towing karena harus membawa mobil mogok di pinggir jalan ke bengkel dan juga harus mengeluarkan uang ekstra karena naik kendaraan lain. Malfungsi komponen mobil juga bisa dicegah karena melakukan servis secara rutin. Para mekanik akan menemukan penyebabnya dan memperbaiki sebelum sesuatu hal yang lebih parah pada mobil bisa terjadi.

Meningkatkan Performa Mobil
Rutin servisi dapat menjaga performa mobil agar kondisi seperti barun. Mobil yang rutin dirawat akan lebih responsif, halus ketika dikendarai, dan juga nyaman untuk pengendara.

Memastikan Efisiensi Bahan Bakar
Setiap mobil memiliki standar efisiensi bahan bakarnya sendiri. Namun yang sering terjadi, para pengendara mengeluhkan mobilnya boros bensin tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis secara rutin.

Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra ketika mengisi bensin. Padahal, dengan melakukan servis rutin, seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik dan berpengaruh terhadap pengisian bahan bakar yang lebih hemat.

Memperpanjang Umur Mobil
Perawatan berkala dapat mencegah malfungsi komponen mobil, meningkatkan performa, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan juga membuat mobil lebih panjang umur. Servis rutin ini juga memastikan kondisi kendaraan Anda sangat baik. Kondisi mobil yang baik juga turut berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil tersebut.

Mengurangi Polusi
Setiap berkendara, mobil berbahan bakar konvensional akan mengeluarkan gas karbondioksida dan karbonmonoksida. Salah satu cara untuk mengurangi gas karbon tersebut adalah melakukan servis rutin, kok bisa? Ini karena mobil yang tak diservis secara rutin bisa berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang kadar karbonnya lebih besar. Sementara dengan melakukan servis, Anda bisa meyakini semua komponennya baik sehingga tak berdampak pada emisi gas buang yang buruk.

Itulah alasan mengapa Anda harus servis secara rutin mobil kesayangan Anda. Semoga bermanfaat. (sla)

- Advertisement -

TERBARU

Makin Mudah dan Amannya Naik Bluebird dengan QRIS GoPay

Kastara.ID, Jakarta - Kini semakin mudah dan aman bagi masyarakat untuk membayar layanan Taksi Bluebird tanpa kontak langsung melalui GoPay. Uang elektronik terdepan di...