Pilpres 2021(tempo.co)
Pilpres 2021
(tempo.co)

Kastara.ID, Jakarta – Surya Paloh sebagai tuan rumah hanya ingin menunjukkan keramahannya. Hal itu ia tunjukkan terhadap semua petinggi partai yang datang ke Nasdem Tower.

“Karena itu, kalau Surya Paloh menyatakan Puan Maharani masuk dalam radar Capres, tentu semakin menguatkan basa basi politik. Sebab, Nasdem sendiri hanya menawarkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa sebagai Capres,” ungkap M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta, kepada Kastara, Senin (22/8).

Menurut Jamil, kecil kemungkinan Surya Paloh akan menduetkan Anies-Puan pada Pilpres 2024. Sebab, nama Puan tidak masuk dalam radar Nasdem selama ini.

“Selain itu, hubungan Surya Paloh dan Megawati Soekarnoputri hingga saat ini belum cair. Karena itu, kecil kemungkinan kedua partai untuk berkoalisi, termasuk dalam mengusung Anies-Puan,” jelas pengamat yang juga mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

Hal itu juga sudah ditegaskan oleh Sekjen PDIP bahwa partainya siap berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah. “Hanya saja Hasto tidak menyebut Nasdem. Ini artinya, PDIP kecil kemungkinan berkoalisi dengan Nasdem dalam Pilpres 2024,” pungkasnya. (dwi)