HUT 13 DPD RI

Kastara.id, Jakarta – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI merayakan hari ulang tahunnya ke-13 yang jatuh pada 1 Oktober. HUT kali ini bertema Pemantapan Kewajiban Konstitusional Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dan dipusatkan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (1/10).

Ketua DPD RI Oesman Sapta didampingi Wakil Ketua Nono Sampono dan Darmayanti Lubis hadir dan membuka HUT DPD RI yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Semakin meriah dengan aksi terjun payung yang membawa bendera nasional merah putih dan bendera DPD RI, serta bendera selamat ulang tahun DPD RI ke-13, hiburan pencak silat, tari saman, dan hiburan musik.

Sebelum hadir di Senayan, Oesman Sapta berkesempatan membacakan teks Pancasila pada upacara Hari Kesaktian Pancasila bersama Presiden Joko Widodo dan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

“Usai membacakan teks Pancasila di lubang buaya langsung ke sini. Saya harapkan pada saat ini DPD bisa menyerap aspirasi daerah dan komitmem dalam menjalankan tugas DPD. Selain itu juga menjalin hubungan harmonis dengan DPR, agar ke depan produk-produk RUU yang dihasilkan DPD dapat dibahas bersama-sama,” ujar Oesman Sapta.

Di sela-sela kemeriahan, Oesman Sapta memberikan pesan kepada seluruh Pimpinan Alat Kelengkapan dan Anggota DPD RI. “Selamat kepada anak-anak bangsa dan saya berharap DPD ke depan dapat menjalankan tugas membela daerah. Karena tanpa daerah tidak ada nasional, kita akan bekerja keras agar tugas wewenang DPD berjalan sesuai keinginan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya pada pukul 08.00 WIB diadakan senam tera yang dipimpin Wakil Ketua Nono Sampono bersama ribuan peserta senam tera yang terdiri dari terawan/terawati dan jajaran pegawai/staf Sekretariat Jenderal DPD RI.

Nono Sampono mengatakan, tema kali ini adalah pemantapan kewajiban konstitusional Dewan Perwakilan Daerah. “Tema ini diangkat dalam rangka untuk penguatan kelembagaan kita DPD RI dalam menjalankan fungsi tugas konstitusional kita ke depan,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan hiburan dan ramah tamah antara Pimpinan DPD RI, Anggota DPD RI, beserta seluruh pegawai/staf Sekretariat Jenderal DPD RI agar semakin terjalin hubungan yang erat dan kekeluargaan dalam bekerja dan menjalankan tugas-tugasnya. (npm)