Gibran Rakabuming Raka

Kastara.ID, Surakarta – Dewan Penasehat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surakarta, Antonius Yogo Prabowo mengatakan, pihaknya akan menggalang pengumpulan 40 ribu kartu tanda penduduk (KTP). Hal ini guna mendukung Gibran Rakabuming Raka maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020 melalui jalur independen.

Antonius menambahkan, Gibran adalah sosok yang tepat memimpin Kota Surakarta. Pasalnya Giban adalah sosok pengusaha sukses. Selain itu pengusaha martabak itu adalah sosok yang berjiwa sosial tinggi. Menurut Antonius, sosok semacam itulah yang dicari warga Surakarta.

Antonius menyatakan hal itu kemarin (30/9), dukungan terhadap putra Presiden Jokowi itu sudah melalui pertimbangan matang. Itulah sebabnya PSI tidak main-main dengan rencana ini. Seluruh elemen PSI akan siap bergerak, mulai dari ranting hingga tingkatan tertinggi.

Anggota DPRD Surakarta 2019-2024 ini menjelaskan, untuk bisa maju dari jalur independen Gibran harus mengumpulkan setidaknya 36 ribu KTP. Target 40 ribu menurut Antonius untuk mengantisipasi jika ada masalah saat proses verifikasi. Jumlah tersebut diyakini cukup aman untuk membawa Gibran maju dalam pemilihan Wali Kota Surakarta.

Sebelumnya Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan Gibran tidak bisa tiba-tiba menjadi bakal calon Wali Kota Surakarta. Djarot menyebut Gibran harus melalui beberapa proses sebelum bisa mencalonkan diri.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, saat akan mencalonkan seseorang, PDIP terlebih dahulu melihat berbagai faktor. Djarot menyebut faktor pengalaman menjadi pertimbangan utama, baik pengalaman di legislatif, partai, dan dunia bisnis. Selain itu rekam jejak di tengah masyarakat juga menjadi faktor yang turut dipertimbangkan.

Sebelumnya dikabarkan Gibran berniat maju sebagai calon Wali Kota Surakarta dari PDIP. Namun rencana ini tidak bisa terwujud. Pasalnya DPC PDIP Kota Surakarta sudah menyatakan mengusung pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta. (har)