Kastara.id, Jakarta – Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan, kemungkinan unjuk rasa ormas yang rencananya akan digelar pada 4 November bisa berjalan dengan damai. “Insya Allah demo tanggal 4 November adalah demo damai,” kata wanita yang biasa disapa Nuning (31/10).

Nuning melihat demo yang dilakukan itu untuk menyampaikan aspirasi. Kendati demikian, Nuning pun meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada. “Tapi masyarakat harus waspada saja, dikhawatirkan ada akses yang dapat ganggu Kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, Nuning juga menduga ada kemungkinan akan ditunggangi oleh kepentingan politik besar. “Deteksi dini harus kuat. Harus disertai deteksi aksi,” katanya

Nuning berharap pihak keamanan bisa sedapat mungkin jangan utamakan tindakan respresif. “Tapi harus tindak tegas yang lakukan tindakan merusak,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pihak kepolisian berharap aksi ini bisa berjalan dengan tertib. Karo Penmas Polri Brigjen Agus Rianto mengatakan pihaknya akan melakukan pengamanan terkait rencana aksi demo tersebut. Agus juga mengimbau agar demontrasi bisa berjalan dengan tertib. “Demo yang tertib. Polisi siap memberikan pelayanan,” kata Agus.

Sama seperti unjuk rasa pada 14 Oktober, demonstrasi damai ini dilakukan guna menuntut Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diproses hukum atas dugaan penistaan agama. (raf)