Tatib

Kastara.ID, Jakarta – Jakarta Public Service (JPS) mengapresiasi keberhasilan DKI Jakarta yang berhasil memenangkan Sustainable Transport Award 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan.

Direktur Eksekutif JPS Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti integrasi antarmoda transportasi publik sudah terealisasi dengan baik dan menuju arah yang benar.

“Ini menjadi bukti keberhasilan kepemimpinan Anies Baswedan dalam mewujudkan transportasi publik yang baik di Jakarta, menjadikan Jakarta berkelas dunia, tidak kalah dengan kota-kota besar lain di dunia,” ujarnya (31/10).

Menurutnya, transportasi publik yang baik menjadi kunci untuk mengurai kemacetan dengan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi.

“Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan Sustainable Transport Award mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar Honorable Mention. Ini prestasi luar biasa dan layak dibanggakan warga Jakarta,” terangnya.

Ia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Organisasi Perangkat Daerah maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait bisa terus melakukan perbaikan dan inovasi. Sehingga layanan publik, khususnya di bidang transportasi, lebih meningkat dan maksimal.

“Semoga penghargaan ini mampu dijadikan motivasi untuk semakin baik lagi ke depan dan Jakarta terus menjadi barometer keberhasilan dan kemajuan, tidak hanya di Indonesia, tapi juga dunia,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kota pemenang Sustainable Transport Award diumumkan pada konferensi transport internasional, MOBILIZE 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 26, 28, dan 30 Oktober 2020.

Seremoni Sustainable Transport Award akan dilaksanakan pada Januari 2021 di Washington DC, Amerika Serikat. Dalam acara tersebut, Jakarta akan diberikan penghargaan dalam acara yang bertajuk “Transport Research Board Annual Meeting”.

Sebagai kota pemenang Sustainable Transport Award, Jakarta kemudian secara otomatis akan menjadi tuan rumah MOBILIZE 2021 yang diselenggarakan oleh ITDP dan didukung oleh Volvo Research dan Education Foundations. (hop)