Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Kastara.ID, Jakarta – Perjalanan “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” berkeliling dunia kini akan mendarat di Indonesia. Melalui pengumuman trailer dan poster terbaru, film Edwin kelima ini akan menyapa penonton bioskop Indonesia pada 2 Desember 2021. Film yang dibintangi Marthino Lio dan Ladya Cheryl ini mendapatkan klasifikasi 17+ dari Lembaga Sensor Film, meski begitu Palari Films mengimbau film ini untuk 18+ Khusus Dewasa.

Setelah memenangkan hadiah utama Golden Leopard di Locarno Film Festival, film ini mengunjungi Toronto International Film Festival, dan terus berkeliling ke festival film di Hamburg, Busan, London, Zagreb, Austria, Valladolid, Tokyo, São Paulo, Cairo, dan masih banyak lagi.

Sebelum kembali pulang ke Indonesia, “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” didaulat sebagai pembuka Singapore International Film Festival pada 25 November. Selain itu, Edwin juga akan mengadakan sesi diskusi bersama sutradara Singapura, Yeo Siew Hua yang juga pernah memenangkan Golden Leopard untuk filmnya.

Dalam perjalanannya pujian berbagai media asing bertebaran. Daniel Kasman dari Mubi mengatakan, “Two leads, Marthino Lio and Ladya Cheryl, who meet-cute by brawling at a construction site for several exuberantly unbroken minutes, are easefully charismatic and instantly iconic”. Sedangkan Jay Weissberg kritikus film dari Variety menulis “An ode to Southeast Asian action films of the 1980s designed as a critique of toxic masculinity, leavened with winking humor”.

Sementara dari Indonesia, channel YouTube Cinecrib yang berkesempatan menonton “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” di Toronto International Film Festival mendeklarasikan film terbaru Edwin ini sebagai “Film Indonesia paling beringas tahun ini”.

Terbaru, Director of Photography Akiko Ashizawa memenangkan Best Cinematography di Seminci Valladolid International Film Festival 2021. Akiko juga tengah dinominasikan di Asia Pacific Screen Awards untuk kategori Achievement in Cinematography.

Bukan hanya merilis trailer dan poster versi Indonesia, Palari Films juga segera merilis lagu tema “Bangun, Bajingan” yang dibawakan oleh Ananda Badudu ft Rubina dan berkolaborasi dengan Lie Indra Perkasa & Dave Lumenta.

Disutradarai oleh Edwin, “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” mengambil latar waktu di akhir 80an sampai 90an bercerita tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati. Hasratnya yang besar untuk bertarung didorong oleh sebuah rahasia ia impoten. Di masyarakat yang dikontrol oleh machismo dan patriarki, “burung” yang tak bisa bangun menjadi persoalan yang serius. Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur hingga jungkir balik dia jatuh cinta.

Akankah Ajo menjalani kehidupan yang bahagia bersama Iteung dan, pada akhirnya, berdamai dengan
dirinya?

Untuk informasi selanjutnya diperbaharui melalui akun media sosial instagram.com/sepertidendamfilm. (nth)