WBS

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memulangkan 125 warga binaan sosial (WBS) ke tempat asal mereka di Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan menggunakan empat unit bus.

Mereka yang dipulangkan merupakan WBS dari Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1, PSBI Bangun Daya 2, Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1, PSBL Harapan Sentosa 2, PSBL Harapan Sentosa 3, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 3, Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya, Panti Sosial Bina Karya Wanita (PSBKW) Harapan Mulia, dan Panti Sosial Perlindungan (PSP) Bhakti Kasih.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, mereka telah menjalani pembinaan di panti sesuai rumpunnya. Selain itu, dari aspek kesehatan mereka dinilai telah stabil sehingga dapat dikembalikan kepada keluarganya.

“Mereka berasal dari panti lansia, panti anak terlantar dan panti disabilitas. Semuanya telah diberi layanan sosial dan asesmen hingga dinyatakan sudah dapat dipulangkan,” ujarnya, Rabu (1/12).

Premi menjelaskan, dengan dipulangkannya warga binaan sosial tersebut, pihak keluarga diminta untuk menjaga dan memberikan perhatian penuh kepada mereka supaya tidak kembali ke jalanan.

“Jakarta memiliki daya tarik untuk dikunjungi orang dari luar daerah. Silakan datang, tapi dengan tujuan yang pasti dan berbekal keterampilan untuk berwirausaha atau bekerja,” tandas Premi. (hop)