Daihatsu DN Multisix

Kastara.id, Jakarta – Memasuki tahun 2018, dipastikan pasar otomotif Indonesia akan diramaikan dengan sederet mobil baru dari berbagai merek yang terus bersaing menjadi magnet untuk merebut hati para konsumen. Dari banyak merek dan model, di antaranya terdapat model baru yang akan menggoda dan segera hadir di jalan raya Indonesia.

Salah satunya adalah Chevrolet yang dikabarkan akan membawa dua model barunya tahun ini yaitu Spark Activ yang merupakan versi crossover dari Spark yang telah lebih dulu dikenal konsumen di Indonesia. Satu model Chevrlolet lainnya adalah pickup truck Colorado ZR2 yang andal untuk melibas medan off-road.

Merek Daihatsu yang dikenal dengan model-model kompaknya juga akan memperkenalkan model barunya. Selain all new Terios yang telah diperkenalkan, Daihatsu juga akan menghadirkan Xenia yang berubah total baik dari segi eksterior maupun interiornya. Demikian pula dengan Daihatsu Sigra yang kabarnya akan mendapat beberapa peningkatan pada tampilan dan fitur-fiturnya.

Merek Jepang lainnya, Honda, sepertinya akan mengandalkan Honda Accord Turbo sebagai model yang ditunggu-tunggu para pecinta mobil dengan performa yang kencang. Ditengarai mobil ini akan menggendong mesin turbo 4 silinder berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 252 hp. Selain Accord, rencananya Honda juga akan meluncurkan HR-V versi facelift yang diyakini bakal tampil lebih segar.

Merek Datsun yang di Indonesia berada di bawah naungan PT Nissan Mobil Indonesia, dikabarkan akan meluncurkan Datsun GO bertransmisi otomatis. Sebagai anak perusahaan Nissan, Datsun kabarnya juga akan meluncurkan model GO Cross yang semakin menarik dengan tampilan bergaya crossover.

Sementara Mitsubishi yang terbilang sukses dengan Xpander dan Pajero Sport, rencananya akan membawa model Eclipse Cross ke Indonesia untuk menantang Honda HR-V dan Toyota C-HR.

Sedangkan Toyota sebagai penguasa pasar di Indonesia, dipastikan akan menawarkan banyak model baru di tahun depan. Mulai dari all new Avanza, Kijang Innova facelift, Fortuner facelift, CH-R, Prius, dan Calya dengan beberapa perubahan seperti saudara kembarnya, Daihatsu Sigra.

Merek mobil Cina yang baru aja masuk ke Indonesia, Wuling, memang telah meluncurkan Confero S dengan mesin 1.500 cc. Namun Wuling terus mencoba melakukan penetrasi pasarnya di Indonesia untuk meningkatkan daya saingnya dengan merek-merek lain. Selain akan menghadirkan Confero versi 1.200 cc, Wuling juga akan membawa MPV Cortez sebagai pesaing dari Toyota Kijang Innova.

Rencana kehadiran sejumlah merek dengan model-model terbarunya, sangat menarik dicermati, khususnya bagi konsumen yang memang berniat membeli mobil baru. Konsumen pun akan lebih diuntungkan mengingat bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. (dwi)