Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyebutkan bahwa tiga warga negara Indonesia yang gagal dievakuasi dari Kota Wuhan, tidak lulus uji kesehatan dari pemerintah China, tapi tidak berhubungan dengan virus corona.

“Kalau (tiga orang WNI) yang sakit, itu regulasi dunia, mereka tidak diizinkan terbang, walaupun sakitnya tidak berhubungan dengan ini (virus corona),” kata Menkes, dalam jumpa pers di Natuna, sekitar pukul 12.30 WIB, Ahad (2/1).

“Di situlah kita lihat bahwa pemerintah China sangat bertanggung jawab, mengecek dengan detil siapa yang boleh berangkat dan siapa yang tak boleh berangkat,” kata Terawan di hadapan wartawan.

Menkes juga menjelaskan bahwa mereka yang dinyatakan sakit tersebut, harus melapor ke pemerintah China dan menjadi tanggung jawab otoritas setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Terawan menjelaskan bahwa dari data awal 245 WNI yang seharusnya dievakuasi, ternyata hanya 238 yang diterbangkan pulang ke Indonesia. Empat WNI tidak mau pulang, tetap bertahan di Wuhan, serta tiga orang tidak lolos screening pemerintah China. (yan)