Tirta Asasta

Kastara.ID, Depok – Dalam waktu dekat, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok akan membangun reservoir (tempat penampungan air bersih) untuk menjaga aliran air ke konsumen.

Sebab sejak mandirinya PDAM Tirta Asasta Kota Depok dari Tirta Kahuripan Bogor, sarana tersebut masih sangat terbatas. Ditambah sarana tersebut dapat berguna untuk mengatisipasi dampak banjir melanda dan menampung air waktu kemarau terjadi.

Direktur Operasional PDAM Tirta Asasta Kota Depok Sudirman membenarkan bahwa pihaknya akan membangun reservoir di dua lokasi dalam waktu dekat.

“Tahapan lelangnya sudah selesai. Lokasinya di Jalan Janger, Sukmajaya dan Jalan Mawar, Pancoran Mas,” kata Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/2).

Reservoir, kata Sudirman, nantinya akan memiliki fungsi sebagai penampungan air untuk menjaga kontinyuitas pengaliran air ke konsumen. Misalnya, ketika musim hujan tiba biasanya Kali Ciliwung menjadi banjir yang menyebabkan lumpur dan kekeruhan sangat tinggi sehingga sulit diolah dan aliran air ke konsumen menjadi terganggu karena tidak dapat berproduksi secara normal aliran jadi tersendat atau berhenti.

Atau, saat musim kemarau Kali Ciliwung menjadi surut dan harus melakukan bendung untuk meninggikan muka air.

“Oleh karena itu, dengan adanya reservoir kontinyuitas pengaliran air ke konsumen dapat terjaga,” ungkapnya. (*)