Menpora: Sepakbola Indonesia Harus Bersih dan Berwibawa

Piala Presiden 2019

Kastara.ID, Bandung – Didampingi Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto, Bupati Bandung Dadang M Nasser, Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019 Maruarar Sirait, dan Sekjen PSSI Ratu Thisa Destria, Menpora Imam Nahrawi mewakili Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi bergulirnya Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3) sore. Piala Presiden diharapkan menjadi awal yang baik untuk terus mengulirkan sepakbola yang bersih dan bermartabat.

Menpora menegaskan bahwa di dalam situasi keprihatinan dunia sepakbola tanah air dengan adanya dugaan pengaturan pertandingan (match fixing) dan isu-isu tak sedap lainnya, Piala Presiden diharapkan mampu menjadi awal daya ungkit untuk menuju prestasi sepakbola yang benar-benar bersih dan menjunjung tinggi sportivitas (fair play).

“Saat ini Piala Presiden 2019 ini digulirkan di tengah Satgas Mafia Bola yang dibentuk Pak Kapolri sedang bekerja. Pesan Bapak Presiden sangat jelas, tuntaskan pengusutan agar sepakbola tanah air benar-benar bersih dan berwibawa serta hasil juaranya benar-benar layak sebagai juara,” ucap Menpora.

Baca Juga:  Kedepankan Semangat Persatuan Meski Sedang Berkompetisi

Sementara Ketua SC Maruarar Sirait melaporkan bahwa sebagaimana Piala Presiden sebelumnya di tahun 2015, 2017, 2018, untuk tahun ini tetap mengandalkan pihak sponsor, menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas serta tanpa uang negara maupun BUMN.

“Kami laporkan bahwa Piala Presiden tetap tanpa uang negara maupun BUMN, itu menandakan bahwa jika sepakbola dikelola dengan baik, transparan, akuntabel, dan tanpa pengaturan-pengaturan pertandingan (match fixing) para sponsor-sponsor akan banyak datang dan terus mendukung,” katanya.

Turnamen pramusim kali ini diikuti 18 klub dari kasta tertinggi Liga 1 dan 2 klub Liga 2, yang di laga pembuka mempertemukan Persib Bandung vs Tira-Persikabo di Group A disaksikan para bobotoh yang memadati seluruh tribun stadion.

Baca Juga:  Liliyana Natsir: Selamat Tinggal Bulutangkis

Kick Off ditandai dengan penyerahan bola kepada wasit oleh Menpora didampingi Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto, Bupati Bandung Dadang M Nasser, dan Ketua SC Maruarar Sirait yang dilanjutkan menyalami seluruh pemain jelang laga dimulai. (lan)