Virus Corona

Kastara.ID, Depok – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengatakan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif virus corona atau (Covid-19). Jokowi menuturkan, terungkapnya virus corona yang menyebar di Indonesia usai masuknya laporan dua WNI telah menjalin kontak dengan seorang warga negara Jepang yang positif corona.

WNI itu merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan juga anak perempuannya yang berusia 31 tahun. Diketahui keduanya adalah warga Kota Depok, Jawa Barat. Sedangkan WN Jepang tersebut merupakan teman dekat anak perempuan tersebut.

Kedua WNI yang positif virus corona (Covid-19) kini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara. “Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri,” kata Jokowi, di Jakarta, Senin (2/3).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan kronologinya. Seorang WN Jepang itu tinggal di Malaysia. Dia melakukan perjalanan ke Indonesia, kemudian kembali Malaysia.

“Teman dekatnya itu (perempuan 31 tahun), kemudian tanggal 14 Februari itu kalau enggak salah, merasa batuk-batuk enggak enak, rawat jalan ke rumah sakit, tanggal 26 pulang,” papar Terawan di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Diketahui pasien merupakan teman dansa WN Jepang. Saat di Malaysia, WN Jepang tersebut mengabarinya melalui telepon bahwa dirinya positif corona. Perempuan 31 tahun itu pun kemudian menyampaikan kepada dokternya.

“Ditelepon oleh temannya itu (WN Jepang) sendiri, kemudian dia menyampaikan informasi ke tim dokter, akhirnya dilakukan pemindahan ke RS Sulianti Saroso, tanggal 1 langsung kita lakukan cek, hasilnya tadi pagi, orang dengan pengawasan, tracking sudah jalan. Cewek ini bersama ibunya dua-duanya kita cek,” jelas Terawan.

Kedua pasien positif corona tersebut dalam kondisi baik, namun batuk sekali-kali. “Ketika dia orang dengan pengawasan, namun tetap saya tracking,” kata Terawan. (hop)