Soekarno Hatta

Kastara.ID, Jakarta – Bandara Angkasa Pura/AP II berhasil meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) atau bandara yang paling baik dalam menjalankan program untuk memperkuat aspek higienis guna pencegahan COVID-19 dari Airport Council International (ACI).

Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, terdapat 7 (tujuh) bandara yang meraih penghargaan ini di mana 3 (tiga) bandara ada di Indonesia, 3 (tiga) bandara di India, dan 1 (satu) bandara di China.

Adapun ketiga bandara di Indonesia yang dinobatkan ACI sebagai peraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region itu seluruhnya adalah bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero). Dalam pengumumannya yang dirilis pada Senin, 1 Maret 2021, tiga bandara yang dimaksud, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

Penghargaan Best Hygiene Measures by Region merupakan kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020, di mana pada kategori ini yang diukur adalah efektivitas dari program keselamatan dan higienis, kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan dan higienis, serta kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis.

Selain itu juga diukur terkait tingkat kepercayaan traveler terkait program keselamatan dan higienis, serta tingkat tekanan berdasar pengalaman.

Dalam penjelasannya, ACI mengemukakan, penghargaan tersebut memberikan bandara suatu metode andal untuk mengukur respons pelanggan terhadap tindakan (protokol) kesehatan dan mengakui keberhasilan bandara dalam merespons fokus (pelanggan) terhadap aspek higienis.

Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya kepada Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, di tengah tahun yang sulit dan penuh tantangan ini, pelanggan AP II telah mengutarakan pendapat dan mengakui kesuksesan tim AP II dalam mewujudkan customer experience yang luar biasa pada situasi menantang.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pencapaian 3 (tiga) bandara tersebut merupakan keberhasilan seluruh stakeholder dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan.

“Prestasi Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Depati Amir bukan hanya keberhasilan semata Perseroan, tetapi juga seluruh stakeholder antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan juga Satgas Udara Penanganan COVID-19 yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan,” ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, bandara yang memiliki peran paling vital di tengah pagebluk COVID-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta dan stakeholder mampu menjaga operasional bandara dengan baik.

“Kami berterima kasih atas kerja keras, kolaborasi dan sinergitas seluruh stakeholder sehingga Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi ini dapat menerapkan protokol kebersihan terbaik di Asia Pasifik guna pencegahan COVID-19, sehingga dapat tetap mempertahankan konektivitas penerbangan internasional dan menjalankan peran sebagai bandara jangkar rute domestik di Indonesia,” katanya.

Sementara Direktur Operasi PT AP II Muhamad Wasid mengemukakan, di tengah pagebluk ini perseroan untuk pertama kalinya di Indonesia memperkenalkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management dalam memperkuat aspek higienis di seluruh bandara.

Biosafety Management memiliki sejumlah program untuk memutus mata rantai penularan bahaya biologi, yakni biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan laboratory testing facilities.

“Perseroan juga menerapkan Biosecurity Management di bandara, terdiri dari ketentuan physical distancing, health screening, passenger touchless processing, facility cleanliness dan people protection,” imbuh Muhamad Wasid.

Adapun pada ASQ Award 2020, total tujuh bandara AP II berhasil meraih penghargaan, yaitu:
– Soekarno-Hatta: Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific);
– Husein Sastranegara Bandung: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pasific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific);
– Depati Amir Pangkalpinang: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific);
– Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pacific);
– Supadio Pontianak: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passenger per year in Asia-Pacific);
– Sultan Thaha Jambi: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific);
– Silangit: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific). (ant)