Beranda Headline Berita BPPT Didukung jadi Koordinator Pengembangan RDT Kit Covid-19

BPPT Didukung jadi Koordinator Pengembangan RDT Kit Covid-19

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mendukung kebijakan pemerintah (Kemenristek/BRIN) yang memberikan mandat kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menjadi koordinator percepatan pengembangan produk dalam negeri guna menangani sebaran Covid-19. Dengan fokus utama pembuatan rapid diagnostic test (RDT kit) Covid-19 yang didesain khusus untuk masyarakat Indonesia.

“Sebagai mitra kerja BPPT, kami Komisi VII sangat mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Ini kebijakan yang sangat tepat, mengingat bahwa ini adalah salah satu langkah yang dapat ditempuh oleh sebuah negara dalam menangani Covid-19, selain dari menerapkan physical distancing adalah untuk melakukan tes massal,” papar Esti melalui pesan singkatnya, Kamis (2/4).

Tes massal ini, lanjutnya, dilakukan agar dapat mengisolasi (secara mandiri di rumah atau di RS) mereka yang terjangkit virus Corona, dan mengetahui wilayah penyebaran terbanyak virus tersebut. Dengan demikian dapat meminimalisir penyebaran yang lebih masif lagi.

Khusus untuk RDT kit ini BPPT telah mengerahkan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC19), yang meliputi perwakilan institusi litbang (LIPI, Badan Litbang Kesehatan, LBM Eijkman), perguruan tinggi (diantaranya ITB, UGM, UNAIR, UNHAN, UNPAD), sektor industri, rumah sakit, serta berbagai macam start-up. semuanya dilibatkan untuk mengembangkat peralatan pendeteksi virus Corona buatan anak bangsa.

“Peran lokal yang berbasis multi-sektoral seperti ini sangat kami dukung, dan akan terus kami monitor di Komisi VII DPR RI pada Rapat Dengar Pendapat yang akan datang. Diharapkan rapid tes produk asli Indonesia ini dapat diprioritaskan untuk wilayah-wilayah yang paling banyak terdampak kasus virus Corona saat ini,” ujar politisi Fraksi Partai Golkar ini. (rso)

- Advertisement -

TERBARU

HUT DPD RI, Fahira Idris: Wajah Indonesia “Dilukis” dari Daerah

Kastara.ID, Jakarta — Hari ini (1/10) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memperingati hari lahirnya yang ke-16 tahun. Berbagai kegiatan sosial digelar Anggota DPD RI...